Sabtu, 08 Mei 2010

Tang ming Untuk penderita Insomnia

insomnia(Tang Ming/Secret China)
Ada pepatah Tiongkok kuno mengatakan, "Jika diberi pilihan, saya akan mencari cara untuk menyembuhkan insomnia saya ketimbang cara untuk menjadi makhluk surgawi."
Gejala insomnia berbeda bagi setiap orang. Beberapa orang sulit tertidur. Ada yang bisa tidur tapi bangun terus-menerus sepanjang malam dan sulit untuk tertidur lagi. Beberapa orang akan terbangun karena suara jarum jatuh. Beberapa orang tetap memejamkan matanya sepanjang malam tapi pikiran mereka terjaga. Lebih buruk dari semua macam insomnia tadi adalah jenis di mana seseorang terus mengingat sesuatu yang harus dilakukan atau seseorang untuk ditemui, dan kemudian melompat keluar dari tempat tidur. Ketika dia akhirnya kembali ke tempat tidur dan sudah akan tertidur, episode yang sama berulang dengan sendirinya. Oleh karena itu, dia tidak dapat beristirahat sedikitpun sepanjang malam.

Saya pernah merawat seorang pasien yang menderita insomnia sejak lama. Saya tidak bisa menahan senyum setiap kali saya memikirkan pasien ini.
Ia pertama kali datang ke klinik saya untuk pengobatan insomnia karena suaminya sebelumnya adalah pasien saya. Pasangan ini tinggal di dua kota yang terpisah karena pekerjaan mereka, juga karena alasan memalukan lainnya. Si istri ini akan tetap terjaga sepanjang malam, sehingga ia akan mencuci piring, mencuci pakaian dan membersihkan lantai dengan penghisap debu. Di satu sisi, suaminya merasa akan mendapat serangan jantung karena dia tidak bisa tidur di malam hari karena istrinya terus melakukan pekerjaan rumah tangga. Dia mengalami sakit kepala parah dan datang kepada saya untuk pengobatan.
Setiap kali istrinya mengunjungi dia, dia akan datang menemui saya di klinik dan membicarakan masalah ini. Rumah itu lebih ribut di malam hari daripada di siang hari. Akibatnya, jam biologis sehari-harinya menjadi terbalik. Ia meminta bantuan saya dan saya membantunya.
Istrinya selalu sibuk, dan tidak bisa tidur dengan mudah. Dia berpikir tidur adalah membuang-buang waktu dan menghambat pekerjaannya. Dia belajar di sekolah pascasarjana, dan ia menulis sebagian besar surat-surat dan tesisnya di malam hari. Siang harinya, ia menjadi benar-benar lelah dan merasa mengantuk. Ia tertidur hanya ketika ia terlalu lelah untuk menjaga dirinya tetap terjaga. Meskipun tubuhnya mungkin istirahat selama tidur, pikirannya tidak.
Saya memintanya untuk berbaring, dan menggunakan satu-inci jarum panjang untuk menerapkan akupunktur pada garis rambutnya. Setelah beberapa menit, ia tertidur. Ia terbangun dua jam kemudian. Sejak itu, ia telah mampu tidur di malam hari. Tapi satu bulan kemudian, ia datang menemui saya lagi karena kelebihan tidur. "Karena Anda bisa menyembuhkan saya dari insomnia, Anda seharusnya bisa membantu saya karena masalah bangun kesiangan, kan?" katanya
Suaminya yang berdiri di sampingnya tampak kebingungan. Dia berkata, "Apa kamu pikir ada tombol di kepalamu yang bisa digunakan dokter untuk mengotrol jam tidur?"
Saya memintanya untuk berbaring lagi, dan menerapkan akupunktur di tempat yang sama, tetapi dengan setengah kedalaman. Ia tertidur lagi, tapi kali ini dia terbangun dengan cepat.
Saya berkata kepadanya, "Seorang manusia tidak sama seperti rumput atau kayu. Kita adalah daging dan darah, dan perlu tidur lebih dari apa pun. Tidur nyenyak dapat membantu memulihkan energi kita, menjaga kesehatan, menenangkan perut, dan memperkuat tulang dan otot. Manusia tidak seharusnya punya penyakit. Jika seseorang tetap bisa bekerja di malam hari, bagaimanapun juga, dan tidak dapat tidur secara teratur, kemudian, kelopak matanya akan menjadi cekung dan kesehatannya akan menurun setiap harinya. Dia mungkin tidak segera mendapat penyakit, tapi pada akhirnya akan sakit. Tidur bukanlah obat, tetapi membantu menyembuhkan segala macam penyakit, bahkan menyelamatkan jiwa. Ia merupakan obat mujarab. "
Dia tampaknya sedikit memahami kata-kata saya. Namun demikian, setelah pengobatan ini, ia tidak perlu menemui saya lagi. Sakit kepala suaminya juga tersembuhkan. (bud)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost