Selasa, 04 Mei 2010

GINSENG DAN PENGOBATAN ALTERNATIF


http://img.alibaba.com/photo/208782707/Ginseng_Extract_for_Cosmetic.jpg

Satu ketika, seorang dokter medis China lanjut usia menceritakan tentang pendapat pasiennya bahwa pengobatan China tidak dapat disamakan dengan pengobatan herbal moderen. Obat-obatan saat ini mengandung lusinan bahan ramuan, sementara banyak resep pengobatan China, seperti ginseng, hanya berisi satu bahan.
Seorang penerjemah yang telah mengerjakan terjemahan lisan selama bertahun-tahun merasa kekurangan energi vital tubuh dan sering merasa lemah, bahkan sampai pada titik kesulitan berbicara. Dia telah mengonsumsi banyak pengobatan namun belum nampak kemajuannya. Lantas dia berkonsultasi dengan dokter medis China yang menyuruhnya untuk mengulum sepotong ginseng di dalam mulutnya. Dengan melakukannya, gejala-gejala yang dia rasakan menghilang.
Mengapa obat-obatan yang mengandung sejumlah bahan ramuan tersebut tidak dapat melakukan seperti yang dilakukan oleh sepotong ginseng?
Menurut Shen Nong’s Herbal Classic, sifat ginseng adalah "manis dan sedikit dingin. Sangat bagus untuk organ-organ vital." Pengetahuan moderen dapat menganalisa bahan-bahan ramuan pengobatan China, namun masih belum dapat mencapai esensi dasarnya. Sebenarnya, esensi dan bahan-bahan ramuan tidak dapat dipisahkan.
Esensi pengobatan China mengacu pada sifat alamiah yin dan yang (dingin, sejuk, hangat atau panas) dan rasanya (manis, pedas, asin, asam atau pahit). Masing-masing rasa dapat dibagi lebih jauh berdasarkan sifat alami dan fungsinya. Misalnya, rasa yang manis dapat menyingkirkan kelebihan darah, meningkatkan sirkulasi darah dan energi vital.
Sifat alami yang dimiliki ginseng berkaitan dengan lingkungan dimana dia tumbuh. Ginseng liar tumbuh di lereng-lereng pengunungan dengan tinggi antara 500 sampai 1.000 meter dari permukaan laut. Umumnya dia ditemukan tumbuh di Gunung Changbai dan Gunung Xiaoxinganling di bagian utara China.
Karakter huruf China dari "gunung" berasal dari simbol "gen" pada Delapan Trigram. Simbol ini memiliki lebih banyak Yin daripada Yang dan berkorelasi dengan dingin dan bayang-bayang alami gunung. Oleh karena itu ginseng memiliki sifat alami sedikit dingin. Namun ginseng tumbuh di bagian lereng-lereng gunung, yang merupakan sisi yang dari gunung, sehingga ginseng juga memiliki sedikit sifat alami yang.
Sebagai tambahan, simbol "gen" juga berasal dari elemen "Bumi" yang bersifat sedikit manis, dan oleh karena itu, ginseng sedikit bersifat manis. Menurut organorgan kita, limpa dan perut merupakan milik elemen Bumi yang oleh pengobatan China dipercaya sebagai akar dari energi.
Oleh karena itu, sisi manis yang dalam ginseng dapat memperkuat sisi yang pada limpa dan perut, maka dari itu ginseng dapat mengirimkan energi ke seluruh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan mengapa obat-obatan lain tidak dapat mengalahkan efek penyembuhan dari ginseng. (Song Chenguang/The Epoch Times/feb)
Catatan editor: Sebelum mengonsumsi segala obat herbal, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda. Berkaitan dengan kandungan merkuri pada tanaman yang berasal dari China, direkomendasikan untuk menghindari konsumsi dari tanaman yang tumbuh di China.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost