Sabtu, 12 Mei 2012

Rumus Galau Itu Apa Sih?



Galau entah kenapa menjadi kata yang sangat popular akhir-akhir ini. Setahun yang lalu saya berangkat ke China untuk melanjutkan studi saya, masih teringat dalam benak saya bahwa pada saat saya pergi kata galau hanya diucapkan oleh teman-teman saya yang wong jowo. Begitu pulang dari China kata galau ini nampaknya telah meraja-lela entah berkat apa. Mari kita kupas galau itu apa sih? menurut kamus besar Bahasa Indonesia galau dalam konteks ini artinya kacau tidak karuan. Jadi saya mengartikan bahwa kebanyakan orang Indonesia saat mengatakan galau itu mengacu pada perasaan galau. Dimana artinya perasaan mereka sedang tidak karuan yang akhirnya menuju pada penderitaan batin.

Manusia dalam hidupnya sering mengalami penderitaan, namun jarang yang bertanya-tanya apa sih penderitaan itu? kebanyakan dari kita hidup yah jalani saja. Kita sering tidak peduli dengan apa asal dari perasaan tidak enak yang saya hadapi ini. Penderitaan nampaknya merupakan sesuatu yang sudah ter-install dalam diri kita dan tidak dapat dihilangkan. Bahkan Eric Cassell seorang ahli medis mengatakan bahwa walaupun tugas seorang ahli kesehatan adalah mengurangi/menangani penderitaan pasiennya, sangat jarang sekali penelitian yang berkenaan dengan topik ini.

U Kyaw Min seorang ahli Abhidhamma (ilmu yang mempelajari tentang pikiran manusia) membuat formulasi matematika yang dapat mengukur tingkat penderitaan.


Bila hasilnya lebih dari satu maka anda mengalami kepuasaan, bila hasilnya dibawah satu maka kita mengalami penderitaan.

Misalnya jumlah keinginan adalah 70 dan jumlah keinginan yang terpenuhi adalah 50. Maka 50/70= 0.71 maka artinya kita menjadi menderita. Untuk mendapatkan kepuasaan maka kita bisa meningkatkan jumlah keinginan yang terpenuhi menjadi 70 atau kita bisa mengurangi total dari seluruh keinginan menjadi 50. Saat itu salah satu dari dua hal tersebut terjadi anda akan mengalami kebahagiaan setidaknya sampai anda memiliki keinginan baru yang ingin dipenuhi.

Anda mungkin sudah menyadarinya bahwa apa yang saya maksud dengan penderitaan diatas adalah penderitaan batin. V. E. Frankl seorang ahli psikologi membagi penderitaan menjadi beberapa kategori yaitu

1. Penderitaan fisik
2. Penderitaan batin
3. Penderitaan spiritual

Penderitaan fisik dikatakan adalah penderitaan yang tidak dapat dihindari. Saya juga menyarankan untuk tidak menghindari sakit fisik. Alasan saya menggunakan kata sakit disini adalah karena sakit belum tentu menderita. Saat kita mengalami sakit kita bisa saja hanya merasakan sakit tersebut dan tidak menderita karena sakit tersebut.

Tentunya sebagai hypnotherapist saya tahu bahwa perasaan sakit dapat dihilangkan dengan cara tertentu. Hypnotherapy memiliki banyak teknik yang dapat meredakan rasa sakit fisik ini. Lalu mengapa tidak dihilangkan?

Pasalnya karena rasa sakit merupakan sinyal adanya sesuatu yang tidak beres. Rasa sakit memberikan sinyal pada diri untuk memperbaiki sesuatu. Untuk itulah rasa sakit menjadi penting. Bagi hypnotherapist yang aktif menerapi orang saat anda melakukan terapi anestesia sebaiknya selalu didampingi seorang ahli medis kecuali bila anda sendiri terlisensi untuk melakukan kegiatan medis.

Penderitaan lainnya adalah penderitaan batin dan spiritual. Ketiga penderitaan ini dapat dibantu dengan mengetahui apa hal yang menyebabkan orang yang menderita semakin menderita. Shizen Young seorang pengajar Buddhist membuat sebuah formula matematika untuk menjelaskan hal ini:

Penderitaan = Sakit X Perlawanan (Suffering = Pain X Resistance)

Mari kita masukkan angka untuk menjelaskan rumus diatas. Anggaplah anda sedang merasakan sakit, dari skala 1 sampai 100 berapakah rasa sakit anda? anggaplah 70. Lalu sekarang kita ukur seberapa anda menahan rasa sakit tersebut, anggaplah anda menahannya dengan level sekitar 50. Maka penderitaan yang anda alami adalah 70 dikali 50 yaitu 3500. Sekarang anggap anda mengalami sakit sebesar 70 dan anda tidak menahan atau melawan rasa sakit tersebut. Alhail 70 dikalikan 0 adalah 0. Tidak ada penderitaan.

Konklusinya adalah rasa sakit adalah sesuatu yang pasti, tidak ada orang yang hidup tidak merasakan rasa sakit. Namun kita bisa memilih untuk menderita atau tidak. Dan cara untuk menjadi bahagia adalah bukan dengan melawan rasa sakit tersebut. Tetapi dengan menerima rasa sakit itu, mendengar rasa sakit itu, menyadari rasa sakit itu dan membiarkan rasa sakit itu pergi. Alhasil anda tidak akan pernah menderita lagi.

Dengan mengetahui apa itu penderitaan kita, maka seharusnya kita menjadi sadar atas apapun penderitaan yang kita rasakan. Dan dari situ kita mulai berfokus dimasa kini dan menikmati hidup yang ada sambil menuju pada impian/keinginan yang membangun. 

9 Penampakan Unik Di Google Maps

Google maps merupakan salah satu layanan google yang sangat popular dan banyak digunakan oleh orang untuk mencari alamat atau tempat tempat penting. Dengan  2 pilihan opsi yaitu map atau pencitraan satelit. Nah, pada pada saat kita mencari tempat dengan pencitraan satelit terkadang kita menemukan penampakan yang aneh di google maps.Di Google Maps kita memang bisa melihat penampakan banyak tempat di seluruh dunia dari tampilan satelit, baru baru ini situs Masahable merilis 9 gambar misterius yang berhasil ditangkap oleh google maps.
Ke 9 Tempat misterius tersebut adalah.

1. The Badlands Guardian
Kontur bebatuan yang berada di wilayah Alberta, Kanadaini  kalau dilihat dari atas seperti orang Indian memakai topi khas suku Indian. Di bagian  “telinganya” wajah orang tersebut  Nampak seperti memakai earphone, yang kenyataannya merupakan jalanan dan sumur minyak.
2. Firefox Crop Circle
Beberapa saat lalu di Indonesia sempat digegerkan dengan penemuan corp circle. Namun, crop circle yang tertangkap google maps ini sangat unik. Corp circle ini berbentuk logo firefox. Ini bukan crop circle karya alien, tapi buatan manusia. Crop cricle ini terletak di Oregon dan dibuat oleh kelompok pengguna Linux Oregon State University pada tahun 2006, sebagai peringatan pencapaian 50 juta pengunduhan dari Firefox kala itu.

 3. Reruntuhan kapal
Foto yang terlihat di atas adalh sebuah kapal karam yang tergeletak di Laut Merah dan tidak dievakuasi karena medan yang sulit disebabkan banyaknya karang.


4. Crop-Circle di Area 52
Lagi-lagi sebuah crop circle yang indah tertangkap oleh kamera google maps.Crop circle itu terlihat di kawasan Tonopah Test Range, Nevada atau dikenal sebagai Area 52. Kawasan tersebut merupakan milik  Departemen Energi Amerika Serikat dan  merupakan daerah militer tertutup.

5. Pelangi di Pesawat
Kalau di Indonesia ada pelangi di matamu, lain halnya dengan vision yang ditangkap oleh google maps ini. Sebuah pesawat terbang sedang melintas di atas wilayah Rock Hill, South Carolina, ketika difoto oleh Google Maps menghasilkan gambar warna-warni layaknya pelangi. Sehingga tampak seperti pesawat berpelangi
6. Situs misterius milik Rusia
Gambar ini merupakan sebuah kawasan di dekat pegunungan Siberia tepatnya di dekat  kota Egvekinot . Entah karena sesuatu hal, gambar yang di dapat google maps kabur pada daerahtersebut. Bisa jadi ini merupakan tempat rahasia di Rusia

7. Korea Utara
Korea utara memang sangat tertutup dengan  luar. Begitu pula dengan lokasi yang berada di Korea Utara, kita tidak akan bisa melihat secara detail lokasi di korea Utara, ketika melakukan perbesaran foto, maka yang Nampak hanyalah pegunungan dan bebatuan. Mungkin teknologi korea Utara sengaja memblokir google maps sehingga tidak bisa mengetahui Korea Utara.
8. Lokasi pendaratan UFO?
Infrastruktur gedung ini terlihat seperti sebuah piring terbang (ufo) yang mendarat di atasnya. Namun ini sebenarnya merupakan sisa dari eksibisi UFO yang diadakan di Belanda, dan tidak pernah dipindahkan semenjak itu.


9. Penjara Dublin
Gambar penjara di Irlandia ,penjara Dublin ini sengaja di edit menggunakan photoshop demi keamanan pihak penjara. Gambar ini diedit sejak tahun 2005. Sehingga, foto satelit yang kita lihat bukanlah seperti aslinya karena sudah diganti dengan yang baru.


Masih penasaran dengan foto foto misterius tersebut ? anda bisa mengeceknya sendiri di google maps, barangkali bisa menemukan tempat misterius yang baru

Struktur Misterius di Bumi dilihat Dari Luar Angkasa

Formasi besar dengan warna tembaga di Afrika Barat mendominasi sebuah foto memukau yang diambil oleh astronot dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Astronot Belanda, Andre Kuipers, mengambil gambar yang dikenal sebagai struktur Richat di Mauritania, saat stasiun ruang angkasa terbang di atas Gurun Sahara di Pesisir Atlantik Afrika Barat. 
Erosi dari berbagai lapisan batuan menciptakan area serupa cincin yang membentuk struktur luas. Meski begitu, menurut para ahli geologi, asal-usul struktur Richat tetap misterius.

Foto yang diambil Kuipers menunjukkan sudut pandang yang unik dari angkasa. Stasiun antariksa, tempat Kuiper berada, melayang sekitar 386 kilometer di atas permukaan Bumi. Menurut Badan Antariksa Eropa, gambar itu diambil pada tanggal 7 Maret menggunakan kamera Nikon D2Xs.

Selama berbulan-bulan mengisi pos di Stasiun Antariksa Internasional, para astronot sering melakukan observasi Bumi untuk ilmu pengetahuan dan pendekatan publik.

Sepanjang misi mereka, para astronot ini aktif dalam media sosial, seperti di Twitter atau Google + untuk berbagi pemandangan menakjubkan dari ruang angkasa.

Saat ini ada enam astronot di ISS, yakni Kuipers, Dan Burbank, dan Don Pettit dari AS, serta kosmonot Rusia, Anton Shkaplerov, Anatoly Ivanishin, dan Oleg Kononenko. Burbank adalah komandan misi ke-30 ISS.

Kuipers meluncur ke stasiun ruang angkasa pada Desember 2011. Dia bertugas di sana selama enam bulan. Kuipers, Kononenko, dan Pettit dijadwalkan kembali ke Bumi pada 1 Juli 2012.

FOTO: Pramugari Cantik di Pesawat Shukoi Naas

Pesawat naas Sukhoi Superjet100 diawaki para pramugari cantik. Mereka sempat foto-foto sebelum take off dan selama dalam penerbangan. Pose mereka terlihat genit dan gaya khas pramugari yang terlihat manis dan penuh senyuman. Berikut foto-foto pramugari yang menyebar di berbagai media internet.

















Penemuan Tsuchinoko Ular Legendaris Jepang


Pada 6 Juni 2001, di sebuah kota resort bagi para peski yang bernama Mikata, Jepang ditemukan seekor reptil yang tidak biasa, yaitu reptil yang dianggap sebagai hewan mistik "Tsuchinoko", seekor makhluk berbentuk ular legendaris yang pertama kali disinggung pada abad ke-8.

Makhluk itu pertama kali disinggung dalam "Kojiki", sebuah teks kuno abad ke-8 yang merupakan sebuah manuskrip bahasa Jepang tertua di dunia. Walaupun banyak penampakan makhluk ini yang dilaporkan selama periode perang, namun laporan ini ditanggapi dengan skeptis mengingat tidak ada satupun makhluk yang pernah tertangkap untuk dipelajari.

Namun semuanya berubah, menurut pejabat pemerintah lokal bernama Toshikazu Miyawaki, makhluk yang berhasil ditangkap oleh penduduk Jepang beberapa waktu yang lalu adalah benar makhluk legendaris tersebut. "Kami memutuskan untuk membiarkan hewan ini beradaptasi dengan lingkungan barunya." Katanya. Pemerintah lokal telah membangun sebuah kandang untuk hewan tersebut.

Menurut laporan-laporan sebelumnya, Tsuchinoko adalah seekor reptil yang memiliki panjang antara 30cm - 80cm dengan kepala yang lebih besar dan taring yang beracun. Hal yang membedakannya dengan ular lain adalah ia mengeluarkan suara mencicit seperti tikus. "Menimbang ciri-ciri tersebut, kami dapat memastikan bahwa hewan itu adalah benar Tsuchinoko," Kata Miyawaki. "ketika dibawa ke balai kota, tubuhnya benar-benar tebal dan pendek. Beberapa orang juga mendengar ia mencicit.

Kota kecil Mikata sendiri sering menggunakan laporan penampakan hewan ini sebagai bahan penarik perhatian bagi para turis. Dan pada tahun 1989, walikota Tsujio Yoshida bahkan mengumumkan sayembara dengan hadiah tanah seluas 330 m2 bagi siapa saja yang bisa menangkap Tsuchinoko.

Miyawaki mengatakan bahwa hewan yang tertangkap itu memiliki panjang sekitar 70 cm ketika ditangkap pada 6 Juni 2001, sekarang telah bertumbuh hingga 1 meter. Setelah lebih dari seminggu dipamerkan ke publik di dalam aquarium plastik, reptil itu kelihatan lelah. Setelah kondisinya stabil pemerintah kota baru akan memikirkan cara meneliti hewan itu. Mungkin dengan mengambil sampel DNA dari tubuhnya.

Jadi, butuh waktu bagi orang yang menangkapnya untuk menerima hadiah tanah yang dijanjikan. "Bahkan jika ternyata hewan itu bukan Tsuchinoko, tetap saja hewan seperti itu belum pernah ditemukan sebelumnya di dunia. Saya berharap spesiesnya akan diakui oleh masyarakat dunia." Kata Miyawaki.

Inilah Jalan Tol Antar Gedung Di Jepang

“Gate Tower Building”, gedung berlantai 16 di Osaka, Jepang ini terbilang unik karena adanya jalan tol yang menembusnya, tepat di lantai 5 hingga 7. Jalan tol yang menembusnya merupakan jaringan jalan tol sepanjang 293,3 km. Jalan tol ini adalah bagian dari “Hanshin Expressway”, jaringan jalan tol yang menghubungkan Osaka, Kobe dan Kyoto. Uniknya lagi, penyelenggara jalan tol tersebut merupakan penyewa tetap pada lantai 5 hingga 7 di gedung ini.

Pada tahun 1983, pembangunan gedung baru di area gedung unik berada dihentikan oleh pemerintah setempat, dikarenakan rencana pembangunan jalan tol sudah final. Namun, pemilik gedung ini menolak untuk menyerah, ia tidak mau memindahkan gedungnya. Setelah bernegosiasi dengan penyelenggara jalan tol selama 5 tahun, muncullah solusi ini.

Pemilik gedung menggunakan tiang penyangga ganda untuk melindungi gedung ini dari getaran, dan juga struktur melingkar di sekeliling bagian yang digunakan untuk ditembus jalan tol. Gedung ini selesai dibangun pada tahun 1992.

Penyangga Tol Sekaligus Pelindung gedung dari Getaran



Overview Osaka Tower Gate



Menembus Osaka Tower Gate

Gerhana Matahari Annular Akan Terjadi 20 Mei Nanti

Amerika – Pekan lalu penduduk bumi disuguhkan dengan pemandangan indah Supermoon dimana bulan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya, yang dipengaruhi pendekatan perigee. Nah, fenomena alam menakjubkan lainnya akan bisa kembali disaksikan pada Minggu (20/5) nanti, dimana akan terjadi gerhana matahari.



Berdasarkan berita yang dilansir dari Fox, Sabtu (12/5), kejadian alam itu dikenal sebagai gerhana matahari annular, dimana bulan akan menghalangi matahari, namun cincin cahaya akan terlihat di sekeliling lingkaran.

Gerhana matahari anular ini bisa disaksikan secara jelas oleh penghuni bumi yang ada di wilayah seluruh Asia, Pasifik, dan bagian Amerika Utara.

Perputaran bulan mengelilingi bumi, akan melewati planet bumi dan matahari setiap 29,5 hari sekali. Sepanjang waktu itu, bulan terlihat mengecil di atas atau di bawah matahari, dan tidak terjadi gerhana.

Tapi, jika bulan dekat dengan satu node orbital, bulan akan tepat lewat di depan matahari dan menghalangi cahayanya. Jika bulan juga dekat dengan puncak, titik yang menandai jarak terjauh dari bumi tidak akan sepenuhnya menutupi matahari, dan gerhana matahari annular bisa disaksikan. Annular berasal dari bahasa Latin 'annulus' yang berarti cincin, dan mengacu pada fakta dimana cincin matahari akan tampak bersinar di seluruh lingkaran bulan.

Bulan akan melintasi setengah orbitnya dan tiba di puncak, pada 19 Mei 2012 mendatang, dan gerhana terjadi beberapa jam kemudian. Bulan terlihat terlalu kecil di langit untuk menutupi matahari secara total, sehingga terjadi gerhana annular, atau "cincin api".

Gerhana matahari annular kadang dianggap kurang menarik daripada gerhana matahari total, di mana bulan benar-benar meliputi matahari, karena kita tidak bisa melihat prominences matahari dan korona. Tapi, fenomena ala mini tetaplah peristiwa indah dan menakjubkan, dan layak untuk diamati.

Jalur ini dimulai saat fajar di Cina selatan. Kemudian menyapu melintasi Samudera Pasifik, melewati selatan Alaska, dan mendarat di pantai Pasifik dekat perbatasan California-Oregon. Gerhana annular berakhir di dekat Lubbock, Texas, saat matahari terbenam. Fase gerhana parsial ini akan terlihat di sebagian besar barat Amerika Utara.

Kontak pertama gerhana adalah ketika ujung bulan pertama menyentuh tepi matahari. Kontak kedua adalah ketika piringan bulan sama sekali di depan matahari dan bergerak ke dalam. Kontak ketiga adalah saat bulan menyentuh tepi matahari karena mulai masuk dalam lingkaran surya. Kontak keempat adalah saat bulan benar-benar menghalangi matahari.

Jangan melihat langsung ke matahari, baik dengan mata telanjang atau melalui teleskop atau teropong tanpa filter yang tepat. Bila Anda melakukan hal itu, bisa mengakibatkan kerusakan mata permanen dan serius, termasuk kebutaan. Untuk aman mengamati gerhana matahari annular, Anda dapat membeli filter surya khusus yang cocok.

Foto Mahasiswi Beijing Asal Taiwan Goncangkan Dunia Maya

Awalnya si doi bukan siapa-siapa, hanya mahasiswi Beijing asal Taiwan tapi karena fotonya tersebar di dunia maya, maka si doi jadi terkenal. Beberapa fotonya bahkan tanpa sehelai benang pun, tapi karena ini bukan situs porno, jadi foto si doi tidak saya tampilkan dimari. 













Kamis, 10 Mei 2012

Putri Duyung Cantik Bernama Hannah Fraser

Putri duyung memang hanyalah cerita yang sudah melegenda dan sering menjadi cerita wajib anak sebelum tidur malam. Namun, kisah itu masih melekat dalam benak perempuan cantik bernama Hannah Fraser, yang sudah terpesona akan putri duyung sejak berusia tiga tahun.
Fotografer Ted Grambeau mengabadikan foto indah si Putri Duyung, Hannah Fraser  (36)yang sedang berenang bersama seekor paus. Foto ini di ambil untuk tujuan konservasi (Foto: Ted Grambeau/Dailymail)
Usia sembilan tahun, ia membuat ekor duyung pertamanya, yang selalu dikenakan saat bermain di pantai. Hobinya mengenakan pakaian putri duyung terbawa hingga saat ini, meski usia Hannah sudah 36 tahun.

Hannah, seorang wanita Australia yang kini tinggal di LA, membuat ekor putri duyung pertamanya pada usia sembilan tahun, setelah melihat film Splash yang dibintangi Daryl Hannah
Sebabnya, Hannah bekerja sebagai artis, model, dan penampil, yang berenang dengan ikan paus, lumba-lumba, ikan pari, dan bahkan hiu. Ia juga seorang pecinta lingkungan. Menurut berita yang dilansir dari Dailymail, Rabu (9/5), Hannah mendapat banyak tawaran menjadi model sebagai putri duyung.

Hannah Fraser telah terpesona dengan putri duyung sejak berusia tiga tahun dan dapat berenang ke kedalaman menggunakan ekor buatan sendiri nya. Sekarang Hannah bekerja sebagai aktris, model dan pemain, ia berenang dengan ikan paus, lumba-lumba, ikan pari dan hiu
Warga Australia yang kini menetap di Los Angeles ini mampu bertahan lama saat berada di dalam air. Ia bisa menahan nafas hingga dua menit, dan berenang ke kedalaman 45 kaki, yang memungkinkan Hannah bergerak bebas bagai seorang putri duyung yang nyata, tanpa memerlukan bantuan peralatan menyelam.

Satu-satunya ikan yang paling di takuti Hannah adalah hiu, karena menurutnya mereka sangat menyeramkan. Akan tetapi hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk terus melakukan kampanye tentang pentingnya menjaga kelestrarian kehidupan laut
Tahun 2007, ia berenang dengan ikan paus humpback di pulau Vava'u, Tonga. Foto itu digunakan sebagai promosi konservasi laut dan menentang perburuan ikan paus. Pengambilan foto itu dilatarbelakangi atas kekesalan Hannah dan suaminya yang seorang surfer, Dave Rastovich, terhadap perizinan pembantaian ikan paus berkedok 'penelitian ilmiah' oleh International Whaling Commission.

Foto bawah air menunjukkan Hannah yang sedang berenang dengan lumba-lumba dan paus, menurutnya ikan-ikan besar itu tertarik dengannya
"Tindakan itu sangat menyedihkan, dan kami pergi ke suatu tempat untuk berhubungan dengan ikan paus demi meningkatkan kesadaran akan ekosistem laut," tutur Hannah.

Pasangan ini akhirnya terbang ke Tonga bersama fotografer Ted Grambeau dan pembuat film Bali Strickland. Foto-foto yang berhasil diambil Ted dan dokumenter yang direkam Bali, mampu menangkap gambar indah ikan paus humpback yang berenang bebas dengan Hannah.

Ada pengalaman seru yang dialami Hannah saat berenang dengan ikan paus di Tonga. Ia tidak pernah lupa bunyi keras yang dikeluarkan oleh ikan paus di bawah air. Foto yang diambil Ted juga muncul di buku cerita anak-anak berjudul 'The Surfer and the Mermaid', yang bertujuan untuk memberi inspirasi konservasi ikan paus pada anak sejak dini.

"Semua gambar Hannah bersama ikan paus benar-benar puitis dan seperti nyata. Suatu gambar yang indah," ujar Ted.

Hannah terlihat sedang berenang dengan ikan paus humpback di Pulau Vava'u, Tonga. Foto ini di ambil untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kehidupan laut dan menentang perburuan paus
Di tahun 2007 pula, Hannah berenang di laut Taiji, Jepang, bersama 30 peselancar, selebriti, dan musisi, dalam upaya menghentikan pembantaian kejam ribuan lumba-lumba oleh nelayan setempat. Hannah mengatakan, sebagian lumba-lumba ditangkap nelayan, dan lumba-lumba lain dijerat dengan iringan tali dari tengah teluk yang digiring kearah para nelayan yang menanti dengan pisau.

Ketika itu, ia mendapat pengalaman pahit karena dipukul oleh nelayan dengan dayung dan tongkat kayu. Sehingga, Hannah dan rekan lain tidak bisa mendekat kearah nelayan dan tidak mampu menyelamatkan lumba-lumba.

"Kekecewaan saya begitu besar dan tidak terlukiskan. Aku menangis berjam-jam, setelah usai melakukan aksi itu," terang Hannah.

Pembuat film Rob Benavides saat ini sedang membuat film dokumenter tentang Hannah, yang akan menampilkan Hannah sebagai putri duyung untuk kampanye kehidupan laut
Tahun 2009, ia terbang ke Meksiko dan berenang mengenakan kostum putri duyung di pulau Guadalupe. Kali ini pengalamannya lebih menakutkan.

Karena, Hannah berenang dengan ikan hiu putih yang sangat besar, berukuran sekitar 14 kaki. Hannah mengatakan bahwa ketakutannya selama ini adalah berenang di laut yang ada ikan hiu. Namun, ia berpikir bahwa bila ingin menjadi putri duyung profesional, ia harus mampu mengalahkan ketakutannya itu.

Daryl Hannah yang memerankan putri duyung di film Splash tahun 1984, sosok yang pertama kali menjadi inspirasi bagi Hannah Fraser
Saat ini, Hannah Fraser merupakan tokoh dalam sebuah buku anak-anak baru berjudul 'Last Night I Swam With A Mermaid' yang dikarang oleh Kimberley Muller. Pembuat film Rob Benavides bahkan sedang syuting film dokumenter tentang kehidupan Hannah, yang akan menampilkan karyanya sebagai model, penyelam, dan kampanye kehidupan laut.

"Salah satu pesan penting dalam konservasi laut saat ini adalah adanya penangkapan yang berlebihan. Kami harus meminta negara untuk lebih mengatur industri perikanan mereka," kata Rob.

Misteri Kabut Gunung Salak yang Menjadi Hantu Bagi Para Penerbang

http://2.bp.blogspot.com/-q7UXvlRIVBM/T6ucFc-TULI/AAAAAAAAFKQ/-0xP4qZeQAo/s1600/gunung%2Bsalak.jpg
Untuk kesekian kalinya, pesawat udara mengalami kecelakaan di Gunung Salak. Cerita takhyul dan mistik pun mengemuka. Ada kabut misterius yang selalu 'menjebak' pesawat yang melintas. Percayakah Anda?

"Secara logika semua mengetahui, pegunungan itu berkabut. Apalagi Gunung Salak, ini khas, mulai jam 14.00 WIB itu, kabut sudah turun. Bogor itu kan daerah hujan," jelas Kepala Pentak Lanud Atang Sendjaja, Mayor Ali Lubis, saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (10/5/2012) pukul 16.30 WIB.

Ali meminta agar urusan mistik tidak dikait-kaitkan. Dia menjelaskan, para penerbang di Lanud Atang Sendjaja pun sudah menyadari soal kabut itu. Karenanya, kalau sudah di bawah pukul 14.00 WIB, kawasan itu mesti dihindari.

"Jadi benar-benar harus diperhatikan cuaca, benar-benar dicek. Dan kalau cuaca buruk atau berkabut jangan sekali-kali mendekati wilayah itu," imbuhnya.

Kabut memang berbahaya. Ali menambahkan, penerbangan yang dilakukan melintas di pegunungan mesti benar-benar berhati-hati. Tidak perlu berbicara urusan mistik, semua didasarkan pada logika saja.

"Jadi kalau ada yang mengait-ngaitkan dengan mistik, saya no comment saja," tuturnya.

Seperti diketahui, pesawat Sukhoi Superjet 100 melakukan joy flight di atas Gunung Salak setelah pukul 14.00 WIB, Rabu (9/5/2012) kemarin. Pada jam itu, kemungkinan besar kawasan gunung Salak sudah berkabut. Pesawat dengan jumlah 45 orang di dalamnya akhirnya menabrak gunung dan meledak.

Anak Panah Menembus Leher Pria Ini Tidak Mati

Anak PanahCoba apa yang akan terjadi jika anak panah menebus leher kamu biasanya si korban akan meningal dunia akibat rasa sakit yang luar biasa namun nasip mujur dialami pria asal Pria asal Moskow, Rusia bernama  Konstantine Myakush (38) ia selamat setelah sebuah anak panah sepanjang 50 cm menembus lehernya.
Kejadian ini terjadi ketika Konstantine sedang asik berjalan jalandi taman kota tampa di duga tiba tiba sebuah anak panah menembus lehernya hinga tembus di duga anak panah tersebut berasal dari sebuah klub panahan yang berlatih di sekita taman tersebut.
Walaupun lehernya tertembus panah Konstantine Myakush masih bisa menelpon istrinya untuk meminta pertolongan lalu istrinya menelpon ambulan untuk menolong nyawa Konstantine Myakush yang segera di bawa kerumah sakit terdekat.
Setelah menjalani beberapa scan, ternyata anak panah itu tidak mengenai organ-organ penting di tubuhnya. Tim dokter langsung mengoperasinya, dan berhasil mengambil anak panah tersebut.
“Ia bisa saja meninggal saat itu juga, sebuah keajaiban ia bisa selamat,” ujar juru bicara rumah sakit, tempat Myakush dirawat seperti dilansir Daily Mail, Selasa (8/5/2012)

4 Kejanggalan dalam Tragedi Pesawat Sukhoi di Bogor



Sukhoi Superjet (SSJ) 100 hilang kontak dengan Air Traffic Control Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pada Rabu (9/5/2012) dan ditemukan serpihannya pada hari Kamis ini di Gunung Salak. Banyak kejanggalan pada joy flight penerbangan SSJ-100 ini.

Rute Joy Flight

Kejanggalan ini diungkapkan pengamat penerbangan Samudera Sukardi, yang juga mantan petinggi Pelita Air. Joy flight yang dilakukan pesawat Sukhoi Superjet100 dari Bandara Halim Perdanakusuma, melewati rute Pelabuhan Ratu yang melintasi wilayah pegunungan yang gelap. Hal ini dinilai tidak lazim karena biasanya joy flight dilakukan pada rute yang lebih terang, yakni melintasi wilayah laut.

"Untuk joy flight seharusnya mengambil rute Krakatau, melewati wilayah laut yang terang. Tapi ini melewati Pelabuhan Ratu, melewati wilayah pegunungan yang gelap," ujar pengamat penerbangan, Samudera Sukardi, saat dihubungi detikcom, Rabu (8/5/2012) malam.

Samudera menuturkan, joy flight atau penerbangan demonstrasi biasa dilakukan di atas wilayah laut yang terang. Baik pesawat jenis besar, sedang, hingga kecil, seperti Bombardier dan Cessna Caravan, selalu melintasi wilayah laut.

"Selama ini, joy flight belum pernah ke arah situ. Selalu lewat wilayah laut," tuturnya.

Nah, siapa yang mengizinkan rute joy flight yang janggal itu?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menguraikan garis besar perizinan pesawat asing bisa terbang di Indonesia. Ada 2 prosedur untuk itu.

"Untuk terbang di wilayah udara Indonesia ada 3 instansi yang mengeluarkan izin. Kemenlu untuk diplomatic clearance, Kemenhan untuk security clearance dan Kemenhub untuk hak angkut dan teknis pesawat," jelas Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S Ervan.

Nah untuk Indonesia dan Rusia, kedua negara sudah memiliki Airworthiness Bilateral Agreement. Artinya, mengakui sertifikasi yang dikeluarkan penerbangan sipil masing-masing negara.

"Hal ini menjadikan dasar hak angkutnya," jelas dia.

Kemudian saat prosedur tersebut sudah dilalui, prosedurnya kemudian perusahaan penerbangan, dalam hal ini perantara Sukhoi, PT Tri Marga Rekatama dan pihak Sukhoi harus mengajukan flight plan ke Air Traffic Service (ATS) yang mengatur lalu lintas udara. Flight plan ini ada 2, yang satu diserahkan ke ATS dan satunya dibawa pihak pilot.

"Kan harus disetujui dulu (oleh ATS) baru dibawa. Kalau dia nggak bawa dia mau terbang ke mana," jelas Bambang masalah perizinan ini juga akan diinvestigasi oleh KNKT.

Kemenhub menegaskan belum mengeluarkan sertifikat layak terbang standar Indonesia bagi pesawat Sukhoi Superjet 100. Alasannya pesawat buatan Rusia tersebut memang belum resmi didatangkan oleh para maskapai dan belum akan dioperasikan di Indonesia secara komersial.

"Kalau ada permintaan, kita akan menguji, sekarang ini kan masih tahap promosi," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Ishaful Hayat kepada detikFinance, Kamis (10/5/2012)

Di satu sisi, PT Tri Marga Rekatama mengakui bahwa rute itu atas permintaan pilot Sukhoi sendiri. "Itu atas permintaan penerbangnya. Di antara penerbang itu juga kan ada dari kita, sudah hafal rute," jelas Sunaryo dari PT Trimarga Rekatama, saat dihubungi detikcom, Kamis (10/5/2012).

Jadi, rute itu pun tidak serta merta diputuskan mendadak. Rute itu sudah didiskusikan lebih dahulu. Para penerbang ini juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait.

Sunaryo juga memastikan Alexander Yablontsev, Pilot In Command (PIC) telah mengetahui medan Gunung Salak. "Oh dia tahu karena sebelum berangkat, dia mempelajari map dari rute penerbangan," kata Sunaryo dalam jumpa pers di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Kamis (10/5/2012).

Izin Turun ke 6 Ribu Kaki

Pesawat SSJ-100 ini hilang kontak setelah 21 menit lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusumah, tepatnya pada pukul 14.33 WIB. Saat hilang kontak, ATC di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng menerima permintaan dari pilot untuk turun dari ketinggian 10 ribu kaki kepada 6 ribu kaki.

"Baru melaporkan akan turun itu, belum (diizinkan). Biarkan KNKT yang melakukan investigasi untuk itu," jelas Bambang S Ervan ketika dikonfirmasi mengapa Air Traffic Control (ATC) mengizinkan turun pesawat itu ke ketinggian 6 ribu kaki.

Dari Basarnas, humas Basarnas Gagah Prakoso mengatakan hal itu merupakan inisiatif pilot. Belum diketahui apakah langkah itu ditempuh karena cuaca buruk atau faktor lain. Saat pilot meminta izin, ATC belum memberi jawaban.

"Belum sempat dijawab, tapi sudah hilang kontak," ungkapnya.

Perwakilan PT Trimarga Rekatama mengatakan, Sukhoi hendak mengambil ketinggian dengan turun di 6 ribu kaki. Namun menjadi tanda tanya, ketinggian di Gunung Salak sekitar 7 ribu kaki. Apa tidak takut menabrak?

"Saya juga heran kenapa diizinkan," kata Sunaryo dari PT Trimarga Rekatama.

Misteri soal apakah pesawat tersebut diizinkan turun atau tidak ini yang perlu diketahui. Lagi-lagi, tugas KNKT untuk menginvestigasinya.

Sinyal Darurat Tidak Terdeteksi 

Pesawat SSJ-100 ini saat hilang kontak, tidak mengirimkan sinyal darurat, yang dikenal dengan Emergency Locator Transmitter (ELT), yang langsung memancarkan sinyal dalam keadaan darurat.

Hal tidak adanya sinyal darurat ini disampaikan oleh humas Basarnas, Gagah Prakoso. Tak hanya ATC Halim, tapi Singapura dan Australia tak mendeteksi sinyal yang biasa dipakai saat pesawat ada gangguan itu.

"Tidak ada sinyal yang kami terima. Singapura dan Australia juga tidak," kata Kepala Humas Basarnas Gagah Prakoso di Terminal Kedatangan Halim Perdanakusumah, Kamis (10/5/2012).

Gagah menyebutkan, jika pesawat mengalami gangguan, maka emergency signal akan dikirim ke Air Traffic Control (ATC) terdekat. Dalam kasus ini, biasanya Singapura dan Australia juga bisa mendeteksi.

"Tapi ini tidak ada. Untuk lebih jelasnya, kita tunggu KNKT," jelasnya.

Padahal spesifikasi pesawat dari situs Sukhoi, SSJ-100 ini dilengkapi pendeteksi kegagalan sistem. Termasuk dilengkapi Traffic Collision Avoidance System (TCAS) generasi kedua alias sistem yang bisa mendeteksi bila pesawat itu akan mengalami tumbukan dengan pesawat atau obyek lain. Sistem avionik SSJ 100 memiliki keunggulan keselamatan penerbangan dan kehandalan yang tinggi.

Sinyal HP Masih Menyala

SSJ-100 diberitakan hilang kontak denan ATC Cengkareng pada pukul 14.33 WIB. Namun, telepon seluler alias HP 2 wartawan majalah Angkasa, Didi Yusuf dan Dodi Aviantara, masih aktif saat dihubungi pukul 17.00 WIB. Tapi keduanya tidak mengangkat telepon.

"Benar, kami sudah cek. Keduanya ada dalam manifes," ujar editor majalah Angkasa, Dudi Sudibyo, ketika dihubungi detikcom, Rabu (9/5/2012).

Dudi mengatakan pihak Angkasa telah mencoba berkali-kali menghubungi kedua jurnalisnya, namun tidak ada jawaban dari mereka. "Terakhir kami coba pukul 17.00 WIB kami kontak, nadanya masuk. Tapi tidak ada jawaban," jelasnya.

Nah, apakah sinyal HP yang masih menyala ini juga mempengaruhi penerbangan itu?

Kunci semuanya, ada pada black box atau kotak hitam yang berada dalam badan pesawat, apakah karena human error atau faktor cuaca? Black box inilah yang merekam percakapan pilot-ATC pada Cockpit Voice Recorder (CVR) dan data-data penerbangan dalam Flight Data Recorder (FDR).

Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan juga sudah meminta rekaman percakapan pilot-ATC yang dimiliki ATC untuk keperluan investigasi. Tentunya, rekaman confidential, tak bisa diketahui publik selama investigasi KNKT dilakukan.

Hal ini karena pernah ada kasus, data percakapan pilot-ATC dalam rekaman kotak hitam beredar dalam kasus jatuhnya AdamAir KI 574 yang jatuh di Majene, Sulbar pada 2008 lalu sebelum KNKT merilis hasil investigasinya.

Panjang memang investigasi yang dilakukan KNKT hingga akhirnya bisa dibuka ke publik, berbilang bulan bahkan tahun. AdamAir KI 574 yang jatuh di perairan Majene, Sulawesi Barat pada 1 Januari 2007 baru bisa ditemukan kotak hitamnya pada 28 Agustus 2007. Hasil investigasi itu kemudian diumumkan Maret 2008.

Kecelakaan pesawat Merpati berjenis MA-60 di Kaimana, Papua pada Mei 2011 baru dirilis hasilnya pada Mei 2012 lalu. Jadi, mari menunggu hasil investigasi KNKT. [klikunic.com]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost