Jumat, 29 Oktober 2010

Paul si Gurita Dimakamkan di Sebuah Kuil

http://3.bp.blogspot.com/_RgDaNmR-Ot8/TDh-nOO4oyI/AAAAAAAAC5g/UawQIeBGKik/s1600/paul+gurita.jpg 

Sebagai bentuk penghormatan untuk Paul si Gurita, manajemen Sea Life di kota Oberhausen, Jerman, berencana membangun tempat pemakaman khusus. Ini dilakukan karena Paul dianggap sebagai bagian bersejarah dari Piala Dunia 2010.

Paul memang jadi 'peramal' dadakan ketika Piala Dunia 2010 dimulai. Makhluk bertentakel ini memprediksi dengan tepat pemenang di beberapa pertandingan. Termasuk pemenang di partai Final yang mempertemukan Spanyol dengan Belanda.

Paul memilih bendera La Furia Roja dibanding bendera tim Orange. Benar saja, Spanyol keluar sebagai juara dunia untuk pertama kalinya di Piala Dunia 2010.

"Kesuksesannya (Paul) lebih besar dari pada cerita Piala Dunia itu sendiri," ujar manajer akuarium Stefan Porwoll seperti dilansir Dirty Tackle, Jumat 29 Oktober 2010.

"Kami memutuskan memberinya lahan pemakaman kecil di tanah kami. Serta mendirikan kuil permanen yang sederhana," tambahnya.

Paul dinyatakan mati secara 'wajar' dalam usia 2,5 tahunpada Selasa 26 Oktober 2010. Juru bicara Sea Life Akuarium Tanja Munzig menyatakan sudah menemukan pengganti Paul. Uniknya tidak akan ada perubahan nama pada gurita baru itu, ia akan tetap dipanggil Paul.
Sempat ada yang mengatakan kalau Paul sudah mati sejak lama. Setidaknya itu yang diklaim oleh seorang pembuat film asal China Jiang Xiao yang mengatakan kalau Paul tidak mati pada Selasa 26 Oktober 2010.

Menurut Xiao, Paul mati sejak tiga bulan yang lalu. Tepat dua hari sebelum final Piala Dunia 2010 digelar. Paul yang dilihat masyarakat dunia, kata Xiao, merupakan gurita berbeda yang berperan sebagai pengganti. Pihak Sea Life sudah membantah keterangan Xiao. (irv)

Paul si Gurita Mati Sebelum Final Piala Dunia

http://www.metrotainment.net/wp-content/uploads/2010/10/Paul-The-Octopus.jpg 

Paul si Gurita, makhluk laut yang memprediksi dengan tepat hasil pertandingan di Piala Dunia 2010 ternyata sudah mati sejak lama. Setidaknya itu yang diklaim oleh seorang pembuat film asal China Jiang Xiao yang mengatakan kalau Paul tidak mati pada Selasa 26 Oktober 2010.

Menurut Xiao, Paul mati sejak tiga bulan yang lalu. Tepat dua hari sebelum final Piala Dunia 2010 digelar. Paul yang dilihat masyarakat dunia, kata Xiao, merupakan gurita berbeda yang berperan sebagai pengganti.

Seperti dilansir Yahoo Xtra, Xiao yakin hingga 60-70 persen kalau kematian Paul memang terjadi Juli lalu. Tidak ada orang yang menyadari ini karena menurut Xiao semua gurita tampak sama.

Pernyataan Xiao ini   bertepatan dengan rilis film yang baru dibuatnya. Judulnya pun tak jauh dari isu yang dilemparkan yakni,"Siapa yang membunuh Paul si Gurita?"

Film ini bercerita soal kehidupan di balik keajaiban si Gurita. Xiao juga yakin kalau para staf di akuarium Sea Life Center di Oberhausen, Jerman, (tempat tinggal Paul) takut jika kemudian fakta ini terkuak.

Namun para staf sudah menepis tudingan ini. Mereka tetap pada penyataan awal yang menyebut Paul mati dengan cara yang wajar.

Gempa Naikkan Aktivitas 8 Gunung Api

http://kurangajar.files.wordpress.com/2008/07/semeru-crop.jpg 

Delapan gunung berapi di Indonesia berstatus 'Waspada'. Warga diimbau untuk tidak mendekat ke arah kawah. Apakah delapan gunung berapi yang tersebar dari Sumatera hingga Pulau Jawa itu saling berkaitan?

"Gunung Bromo, Talang, Sinabung, dan lain-lain itu masing-masing sendiri. Tidak terkait," kata Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi Kementerian ESDM, Agus Budianto, kepada VIVAnews.com, Jumat 29 Oktober 2010.

Tetapi, masing-masing gunung itu bisa saling terkait satu sama lain karena dinamika bumi. Pergerakan atau pergeseran bumi yang terjadi setiap waktu dan tidak bisa diprediksi itu, bisa membuat peningkatan aktivitas gunung-gunung berapi itu secara bersamaan.

Bumi itu selalu bergeser mengalami pergerakan setiap waktunya. Pertemuan dan pergerakan dua lempeng yang kemudian saling melepas itu merupakan pusat gempa yang menaikkan aktivitas gunung berapi. "Konsekuensi pergerakan lempengan dan gempa tektonik bisa memicu sebaran gunung berapi," ujar Agus.

Saat ini, ada delapan gunung di Indonesia yang berstatus 'Waspada'. Warga diimbau untuk tidak mendekat apalagi menuju ke arah kawah. Karena biasanya, masih ada wisatawan yang ingin mendatangi lokasi gunung berapi, seperti Anak Krakatau di Lampung.

Sebelumnya, Agus menyebut ada delapan gunung berapi aktif yang kini berstatus 'Waspada'. Delapan gunung itu yakni:
1. Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara
2. Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat
3. Gunung Anak Krakatau, Lampung
4. Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat
5. Gunung Slamet, Tegal, Jawa Tengah
6. Gunung Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah
7. Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur
8. Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur 

Sumber: vivanews.com

Akankah Semeru Meletus Seperti Merapi?

http://achyar89.files.wordpress.com/2009/11/semeru.jpg 

Gunung Semeru di Jawa Timur kini berstatus 'waspada'.  Muncul kekhawatiran, gunung ini bakal seperti Merapi, yang meletus dan makan korban puluhan jiwa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur pun kini bersiaga, mensosialisasikan hal itu ke masyarakat, dan memastikan sarana dan prasarana mencukupi, sebagai upaya mengantisipasi kondisi terburuk.

Bagaimana sebenarnya kondisi Semeru?

Menurut Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Berapi PVMB, Agus Budianto, aktivitas Semeru kini didominasi pembentukan kubah lava.

"Kubah lava itu magma yang keluar berbentuk kubah. Magma yang keluar ke permukaan bumi, membeku, dan membentuk kubah di puncak gunung," jelas dia kepada VIVAnews, Jumat, 29 Oktober 2010.

Terkadang, juga diikuti guguran lava pijar dan hujan abu.

"Ini masih mirip-mirip Merapi sedikit. Bedanya, kalau model Merapi, kita  jarang melihat aktivitas letusan terus menerus. Kalau Semeru  sering, tetapi tidak berbahaya," katanya.

Kondisi Semeru saat ini juga berbeda dengan tahun 2009 lalu. Saat itu gunung berapi ini berstatus 'siaga' atau di level tiga. Kami pagi kemarin, sekitar pukul 08.00 WIB, kawah Semeru menyemburkan abu dan material sampai ketinggian 800 meter.
Untuk saat ini, kata Agus, pada 2009 terjadi letusan tiap 10-15 menit, tanpa adanya peningkatan aktivitas lava dan awan panas. Letusan kecil masih terjadi, tapi tak sesering pada tahun 2009. Meski demikian, masyarakat diminta tak mendekati puncak Semeru, Mahameru.

"Dilihat dari aktivitas tremor, trennya memang ada kenaikan. Tapi masih dalam status 'waspada'," tambah dia. (kd)

Sumber:vivanews.com

Kamis, 28 Oktober 2010

Raul Lemos Mengamuk, KD Hanya Tersenyum

http://1.bp.blogspot.com/_n4VnM4OnfXo/TEmanByxXmI/AAAAAAAAElA/f75VrpBFAu0/s1600/KD+dan+Raul+bermesran+-+chordpoprock+(2).jpg 

Usai menonton pagelaran konser David Foster yang digelar di Ballroom Hotel Ritz Carlton Pacific Place tadi malam, Krisdayanti tampak digandeng oleh Raul Lemos, kekasihnya.

Malam itu, Krisdayanti mengenakan gaun terusan sebatas lutut berwarna cokelat kehijauan dipadukan dengan bolero hitam. Sementara Raul Lemos memakai kemeja putih bergaris dibalut jas dan celana hitam.

Begitu mereka keluar dari Ballroom, wartawan yang dari tadi sudah menunggu langsung menuju ke arah mereka. Sebagian kameraman dan fotografer langsung berusaha mengambil gambar dan membidik kamera ke arah pasangan kekasih, KD dan Raul.

Tiba-tiba saja Raul, yang dikawal oleh satu orang pengawal, langsung menghalau wartawan yang berusaha mengambil gambar. Laki-laki bertubuh kekar itu berjalan cepat meninggalkan KD dan menerobos kerumunan wartawan di hadapannya. Tangannya bergerak seolah ingin mengusir media yang mengerubungi mereka.

Setelah beberapa langkah, Raul lalu memutar badannya. Wajahnya tampak emosi menahan marah.

Sementara KD sempat sedikit berteriak, karena melihat kekasihnya yang tiba-tiba menerobos kerumunan wartawan dan ingin mengambil gambar.

"Dobun (panggilan KD pada Raul) jangan! Jangan Dobun!" kata Krisdayanti berteriak sambil memanggil Raul.

Dengan nada emosi, Raul berbicara di depan kamera wartawan. "Kalian ini tadi memaksakan!" kata Raul marah.

Berbeda dari Raul, KD yang berjalan di belakangnya, terlihat lebih tenang dan tetap berusaha tersenyum.  "Ada waktunya orang mau dan ada waktunya orang nggak mau diwawancara. Orang juga perlu privasi," ucap Raul melanjutkan masih dengan nada penuh amarah.

Wartawan yang belum sempat mengajukan satu pertanyaan pun pada sejoli itu, akhirnya hanya berhasil merekam gambar Raul. Sementara itu, Raul terus berjalan ke arah eskalator. KD pun mengikuti calon suaminya itu. (pet)

Pesan Mbah Maridjan untuk Enda "Ungu"

http://antonylee.files.wordpress.com/2007/09/20070323ab1i1.jpg 

Wafatnya Mbah Maridjan akibat erupsi Gunung Merapi kemarin sore, menjadi duka sendiri bagi Enda, gitaris grup band Ungu. Enda mempunyai kenangan sendiri dengan Mbah Maridjan sekitar dua tahun lalu.

"Waktu acara di Yogya dua tahun lalu, saya bertemu dengan beliau (Mbah Maridjan). Saya mendapat wejangan atau pesan dari beliau tentang hidup," ujar Enda saat ditemui di Konser Satu Cinta Indonesia, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 27 Oktober 2010.

Pesan Mbah Maridjan itu sederhana, sesederhana orangnya. Enda mengungkapkan, Mbah Maridjan memintanya menjalani hidup dengan sederhana. "Itu yang sangat teringat oleh saya. Jangan neko-neko hidupmu, jalani saja dengan ikhlas," tutur Enda menceritakan kembali pesan itu.

Jelas, Enda sangat kehilangan sosok Mbah Maridjan. "Mbah Maridjan seorang motivator. Dia sangat setia pada bidangnya. Saya kagum dengan beliau, dia benar menjaga Merapi, membuat dirinya sosok yang dikagumi dan dibanggakan di daerahnya. Saya sangat kehilangan beliau," ujar suami dari Eka Wilestari ini.

Dan kemarin, jasad Mbah Maridjan ditemukan tewas dalam keadaan bersujud di kediamannya di Kinahrejo, Cangkringan, Sleman. Meski belum ada bukti DNA, pakaian dan peci yang dikenakan jasad itu identik dengan yang dipakai orang yang dijuluki Juru Kunci Merapi itu.

Pasha Segera Melamar Adelia

http://2.bp.blogspot.com/_Ov_ABhwtraA/TH-mWEmvQKI/AAAAAAAAAew/-e4kiLauriY/s1600/pasha_adelia.jpg
Nampaknya Pasha sudah tidak bisa lagi menutupi keinginannya untuk lebih serius dengan kekasihnya Adelia.

Sejoli yang tengah di mabuk asmara ini juga terlihat lebih mesra ketika berada di atas panggung bersama, dalam acara 'Konser Satu Cinta Indonesia RCTI', 27 Oktober, tadi malam.
Kala itu, Adelia tiba-tiba ditarik oleh sang vokalis 'Ungu' ke atas panggung saat ia melantunkan lagu 'Percaya Padaku'. Keduanya juga saling berpelukan dan begandengan dengan mesra.

“Nggak tahu, tadi spontanitas aja, tiba-tiba diminta pihak penyelenggara kita nggak tahu,” ujar Pasha sambil berjalan meninggalkan sejumlah wartawan.

Ketika ditanya kapan akan melamar kekasih tercintanya itu, Pasha menjawab dengan nada antusias, “Ya secepatnya”.

Menurut kabar yang berhembus, pernikahan pasangan Pasha-Adelia akan dilangsung tahun depan tepat di tanggal yang cukup unik yakni 11-11-2011.

Masih dengan nada bahagia, Pasha mengungkapkan keinginannya untuk secepatnya melamar Adelia. ”Kalau nunggu 11-11-11 kelamaan, pengennya lebih cepat kalau nggak ada halangan,” ujar Pasha.

Adelia yang terlihat selalu setia mendampingi Pasha di setiap acara, menjadi perhatian sendiri bagi para awak media. Namun, Pasha justru membantah kalau Adelia selalu mendampinginya. ”Nggak juga, ini kebetulan lagi ada waktu aja,” ujarnya.

China Operasikan Kereta Tercepat di Dunia


Pemerintah China hari ini mulai mengoperasikan dua unit kereta super cepat keluaran terbaru. Kereta peluru ini diklaim sebagai yang tercepat di dunia.

Menurut kantor berita Associated Press, pemerintah China mengatakan kereta itu dibuat dengan teknologi dalam negeri. Kereta itu pertama kali melayani rute Shanghai-Hangzhou.

Kereta tipe CRH380 ini mampu melaju hampir 420 km per jam. Namun pengelola layanan hanya mentolerir kecepatan maksimal 350 km per jam.

Kendati demikian, kereta ini tetap saja memecahkan rekor dunia karena mengungguli kecepatan yang telah dibuat sesama kereta China, yaitu CRH2, yang berkecepatan 250 km per jam.

Juru bicara Kementerian Kereta Api, Wang Yongping, mengatakan teknologi, desain dan perangkat pada CRH380 adalah milik China. Namun, dia mengakui bahwa program kereta super cepat ini dirintis berkat kerjasama dengan Jepang dan negara-negara lainnya.

“Sekarang negara-negara lain ingin bekerjasama. Mereka semua menginginkan teknologi kami,” ujar Wang.

Salah satu pembangunan rel kereta kecepatan tinggi terbesar adalah jalur Beijing-Shanghai, yang memakan biaya hingga US$32,5 miliar. Jalur yang akan menghemat waktu perjalanan hingga lima jam ini rencananya akan dibuka mulai 2012.

Program pembangunan transportasi kereta ini adalah salah satu pencapaian China dalam mengejar target 13.000 kilometer rel kereta kecepatan tinggi pada 2012. Usaha untuk mengembangkan teknologi kereta kecepatan tinggi adalah program China bersamaan dengan upaya peningkatan teknologi antariksa yang bertujuan untuk meningkatkan kebanggaan nasional.

Bahkan, China berencana akan membuat teknologi kereta dengan kecepatan 500 km per jam.

sumber: vivanews.com

Suster Cantik Ini Ternyata Robot


Jepang memang cukup dikenal sebagai negara gila teknologi. Baru-baru, sebuah perusahaan setempat memperkenalkan prototipe robot suster yang didesain menyerupai perawat sesungguhnya di rumah sakit.

Seperti dikutip dari laman itn.co.uk, robot suster 'The Actroid-F' ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu perawatan dan pelayanan pasien di rumah sakit.

Adalah perusahaan robot Kokoro yang memiliki gila ini. Tak hanya fokus menciptakan fungsi robot, perusahaan itu juga berupaya mewujudkan bentuk fisik robot senyata mungkin: menarik dan cantik.

Desainer robot menciptakan kulit sintetis dari silikon sehingga akan memberikan sentuhan lembut bagi pasien yang dirawat.

Meski tak dapat berjalan atau duduk, robot ini terlihat begitu nyata dengan ekspresi wajah yang dihasilkan. Robot cantik ini bisa berbicara, tersenyum, dan berkedip sesuai setelan komputer.

Sementara itu, Japan Times Online menulis, pemerintah Jepang juga memperkenalkan prototipe robot suster yang diproyeksikan mulai bekerja untuk kepentingan umum lima tahun mendatang.

Tapi, belum diketahui wujud robot suster versi pemerintah ini. Yang pasti, pemerintah dan pengembang di Jepang masih terus melakukan percobaan dan merumuskan standar keamanannya

Deteksi Kepribadian Lewat Nomor Ponsel

http://2.bp.blogspot.com/_vlNwoK-sZWo/THpvFTxcTbI/AAAAAAAAAHY/YRjQWhIvZEg/s320/angka.jpg 

 Menurut ahli numerologi, kombinasi angka nomor telepon yang salah bisa mengantarkan seseorang pada kematian. Sama seperti ketika meneropong kepribadian menurut horoskop, Anda juga bisa melihatnya melalui numerologi.

Menurut ahli numerologi asal India, Dr Seema Midha, seperti dikutip dari Times of India, berhati-hatilah dalam memilih sepuluh digit ponsel. Itu karena nomor ponsel memiliki efek yang signifikan dalam penyaluran energi.

Dengan nomor yang tepat Anda bisa membuat keseimbangan ketika energi kelebihan atau kekurangan. Berikut gambaran kepribadian dan kecenderungan menurut banyaknya pengulangan angka di nomor ponsel.

Banyak angka 1Orang yang nomor ponselnya banyak terdapat angka satu cenderung suka bicara. Hal ini bisa merusak hubungan dengan atasan dan menggagalkan kariernya.

Banyak angka 2Untuk pemilik nomor ponsel yang banyak terdapat angka dua, cenderung memiliki pengharapan yang tinggi terhadap sebuah hubungan. Mereka juga mudah tersinggung. 

Banyak angka 3Terlalu banyak angka tiga pada nomor ponsel membuat orang lebih kreatif. Tetapi akan sisi negatifnya mereka cenderung mengabaikan keluarga.

Banyak angka 4Banyak angka empat dalam nomor ponsel akan membuat Anda menjadi seorang yang suka menganalisis tetapi secara berlebihan.

Banyak angka 5Jika banyak terdapat angka lima pada nomor ponsel, Anda bisa gagal dalam membentuk keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Banyak angka 6Enam adalah nomor planet Venus. Sehingga, nomor enam membawa banyak kesempatan pada Anda. Tetapi Anda akan merasa kesulitan untuk beradaptasi.

Banyak angka 7 Banyak pengulangan angka tujuh pada ponsel bisa membuat Anda mengalami kehidupan percintaan yang tidak stabil.

Banyak angka 8 Jika banyak terdapat angka delapan, bisa membuat Anda terlalu cepat memberi penilaian tanpa melihat keseluruhan situasi.

Banyak angka 9

Efek positif dari banyaknya angka sembilan pada nomor ponsel membuat Anda penuh pengabdian. Tapi ini membuat seseorang menjadi mengabaikan dirinya sendiri.  

*Untuk meningkatkan karirMemilih nomor ponsel dengan kombinasi tepat juga bisa meningkatkan karier. Jika Anda mengincar pencapaian akademik, masukan angka 4, 9, dan 2 dalam nomor ponsel. Jika ingin meningkatkan kreativitas masukan angka 1, 3 dan 9.

Lalu untuk mereka yang bekerja dalam bidang politik, pastikan ada angka 4, 3 dan 8 dalam nomor ponsel. Dr Seema juga menyarankan para atlet memasukan 2, 7, dan 6 dalam nomor ponsel mereka.

Misteri Mayat "Mr X" di Rumah Mbah Maridjan

Korban letusan Gunung Merapi terus bertambah. Sampai hari ini sudah 30 jenazah yang dikirim ke bagian forensik RS Sardjoto Yogyakarta.

Ada jenazah Mbah Maridjan dengan posisi sujud, juga ada rekan kami,  editor VIVAnews.com, Yuniawan Wahyu Nugroho -- yang akrab kami panggil 'Mas Wawan'. Namun, tak semua jenazah sudah teridentifikasi. Ada beberapa jenazah tanpa identitas yang disebut 'Mr X'.

Soal 'Mr X' jadi menarik ketika kerabat Mbah Maridjan, Agus Winaryo bertanya pada VIVAnews, siapa lelaki tinggi dan ganteng yang saat itu terlihat  bersama Mas Wawan di rumah Mbah Maridjan.

"Dia itu diduga Mr X yang juga meninggal," kata Agus Kamis pagi.

Dikonfirmasi, Asih, putra Mbah Maridjan menceritakan, pada Selasa 26 Oktober 2010 -- hari kejadian-- tepatnya sebelum Maghrib, ada seorang pria bertamu.

Dia mengaku sebagai wartawan sebuah harian. "Ciri-ciri fisik, tinggi, rambut panjang, ganteng," kata Asih ditemui di RS Sardjito, Yogyakarta, Kamis pagi.

Asih mengaku tak tahu apakah pria itu ingin mewawancara Mbah Maridjan atau sudah wawancara.

"Dia datang sendirian, tapi saat itu ada banyak orang di rumah," kata Asih. Orang itu belum diketahui nasibnya.

Berdasarkan kronologi, fase erupsi Merapi Selasa lalu dimulai pukul 17.02 Waktu Indonesia Barat.

Saat sirine peringatan mengaung di kampung Mbah Maridjan, Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, sejumlah wartawan yang berada di rumah kuncen itu berhasi dievakuasi.

Sahabat kami, Mas Wawan menjadi korban karena ia dan petugas PMI, Tutur Prajitno memutuskan kembali lagi untuk menjemput Mbah Maridjan dan orang lain yang masih ada di Kinahrejo.

sumber: vivanews.com

Jenazah Mbah Maridjan Di temukan dalam keadaan Sujud

http://www.surabayapost.co.id/gambar/3cf89015a150ecc02951dcbfb8699ebe.jpg 

Jasad pria yang diduga kuat Mbah Maridjan ditemukan dalam posisi sujud. Jenazah yang memakai batik itu dalam posisi tertimpa kayu-kayu dari atap.

Pria bernama asli Mas Penewu Suraksohargo ini diyakini tewas. Tim dokter sudah yakin 80 persen bahwa jasad itu Mbah Maridjan. Bahkan, pihak Keraton Yogyakarta sudah mengirimkan ciri-ciri fisik Mbah Maridjan untuk dicek silang.

Kemarin, anggota Tim SAR, Subur Mulyono, yang menyampaikan jenazah Mbah Maridjan ditemukan pukul 05.00 kemarin pagi. "Mbah Maridjan ditemukan dalam posisi sedang sujud di rumahnya," kata Subur di RS Sardjito, Yogyakarta, kemarin.

Saat ditemukan, posisinya masih bersujud di dalam kamar. Menurut keterangan Agus Winaryo, asisten Mbah Maridjan, Mbah Maridjan meninggal saat dalam posisi beribadah. Berikut

Rekaman Suara "Osama" Ancam Prancis

http://fauzi99inf.files.wordpress.com/2010/09/osama-bin-laden.jpg 

 Stasiun televisi berita Al-Jazeera, Rabu 27 Oktober 2010, menyiarkan rekaman seseorang, yang diduga adalah suara Osama bin Laden, pemimpin  jaringan teroris al-Qaeda.
Dalam rekaman tersebut, bin Laden memperingatkan pemerintah Prancis  menarik tentaranya dari Afghanistan dan mencabut larangan pemakaian burqa.

“Jika kalian ingin menindas kami dan berpikir bahwa kalian berhak melarang wanita mengenakan burqa, berarti kami juga berhak untuk mengusir tentara pendudukan kalian dari tanah kami dan menebas leher mereka semua,” ujar rekaman suara itu seperti yang juga dilansir dari laman stasiun televisi CNN.

“Satu-satunya cara untuk mengamankan negara dan tetap menjaga keamanan kalian adalah dengan menarik semua ketidakadilan dan pembatasan yang kalian terapkan kepada orang-orang kami, dan yang terpenting adalah menarik semua tentara kalian dari perang hina Bush di Afghanistan,” lanjut rekaman itu.

Rekaman tersebut hanya terdiri dari suara saja, tanpa rekaman visual. Belum ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa rekaman itu adalah benar-benar suara Osama bin Laden. Namun, para ahli intelijen AS mengatakan bahwa belum pernah ada rekaman palsu suara bin Laden sebelumnya.

“Jika kalian membunuh kami, kalian juga akan kami bunuh. Jika kalian memenjarakan kami, kalian akan kami penjarakan, dan jika kalian mengancam keamanan kami, kami juga akan mengancam keamanan kalian. Pelaku ketidakadilan adalah penjahat yang sebenarnya,” lanjut rekaman tersebut.

Belum ada komentar lansung dari pemerintah Prancis, namun pengamat teror CNN, Paul Cruickshank, mengatakan bahwa pemerintah Prancis akan menanggapi ancaman ini dengan sangat serius.

Anggota parlemen Prancis dari partai UMP, Lionel Lucas, mengatakan bahwa pemerintah sudah seharusnya menanggapi ancaman ini dengan serius dan tidak menyerah pada teroris.

“Jika kita lemah, maka kita akan semakin rapuh dan semakin menjadi sasaran dari teroris ini. Jadi kita harus tetap tegas dan ketegasan terkadang sulit dan menyakitkan,” ujar Lucas pada siaran radio RTL.

Saat ini, Prancis memang tengah bersiaga menghadapi ancaman serangan teror. Warna merah yang tercantum pada tingkat ancaman teror di Prancis adalah yang kedua tertinggi.

Sebelumnya, menara Eiffel telah dievakuasi dua kali dalam sebulan terakhir karena ancaman bom melalui telepon. Serangan terorisme yang diduga sedang dirancang untuk menyerang Eropa, disinyalir akan serupa dengan serangan teror di Mumbai pada 2008 lalu yang menewaskan lebih dari 100 orang. (umi)
• VIVAnews

Gunung merapi kembali mengeluarkan Wedus gembel

http://4.bp.blogspot.com/_dsWP7jUxMSc/SEdbUfTt7aI/AAAAAAAAAGA/915dN8DDPWs/s320/wedus%2Bgembel%2Bmerapi.jpg 

 Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitasnya. Sekitar pukul 16.16, Kamis 28 Oktober 2010, Merapi kembali meluncurkan awan panas alias wedhus gembel.
"Ada luncuran awan panas lagi. Kali ini tingginya 3,5 kilometer," kata Kepala Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, saat dihubungi VIVAnews, Kamis 28 Oktober 2010.

Surono menjelaskan, kali ini arah awan panas Merapi mengarah ke selatan.

Mengenai dugaan adanya korban jiwa, Surono mengaku belum tahu. "Saya belum menerima laporan," ujarnya.

Pada 26 Oktober, Merapi dua kali mengeluarkan awan panas. Saat kejadian awan panas wedhus gembel dimuntahkan dari Merapi pada Selasa 26 Oktober 2010, sekitar pukul 17.02 WIB dan sirine peringatan mengaung di kampung Mbah Maridjan, sejumlah wartawan yang berada di rumah kuncen itu berhasil dievakuasi.

Sahabat kami, Yuniawan Wahyu Nugroho, yang akrab disapa 'Mas Wawan' menjadi korban bersama dengan Mbah Marijan dan 29 orang lainnya yang saat itu berada di desa Kinahrejo. (hs)

Sumber: vivanews.com

Selasa, 26 Oktober 2010

Google Map Menemukan Markas Batman



Seorang pengguna Google Maps menemukan sebuah gedung yang seakan adalah markas sang manusia kelelawar, Batman. Betapa tidak, di atap gedung itu terpampang simbol Batman yang begitu besarnya.
Penemuan di layanan peta online ini membuat orang bertanya-tanya, mengapa bisa ada simbol besar Batman di atas bangunan? Beberapa pihak menilai, penemuan tersebut hanya kebohongan.
Namun kemudian, dikonfirmasi bahwa bangunan ini benar-benar ada, yakni basis militer Amerika Serikat di Okinawa, Jepang. Kesatuan Air Force’s 44th Fighter Squadron bermarkas di sana.
Ed Gulick, juru bicara kesatuan Angkatan Udara itu, menyatakan simbol Batman yang ditemukan via Google Maps benar-benar nyata, namun memang sebelumnya tidak diketahui banyak orang. Tak jelas siapa yang membuat simbol itu di sana, tapi diduga kuat dilukis pada tahun 1980an.

"Kami tahu simbol ini telah ada selama bertahun-tahun. Simbol ini memberi semangat pada Angkatan Udara karena membuat para anggota merasa bangga dengan unit mereka," tukas Gulick, yang kutip dari FoxNews, Kamis (21/10/2010).

Barangkali dengan melihat simbol Batman, mereka merasa kuat layaknya sang superhero dari kota Gotham.

12 Geyser Paling Indah Di Dunia

01.Beehive Geyser, Yellowstone

02.Castle Geyser, Yellowstone

03.Great Fountain Geyser

04.Haukadalur (Falcon Valley) in southern Iceland

05.Midway Geyser Basin
06.New Zealand

07.Prince of Charles Geyser, New zealand

08.Soda Springs, Idaho

09.Sol de MaƱana Geysers, Bolivia

10.Turban Geyser

11.Yellowstone

12.Yellowstone - White Dome Geyser

Furnitur Mengerikan Terbuat Dari Ranjau Laut Karatan


sumber: http://www.strov.co.cc/2010/10/furnitur-mengerikan-terbuat-dari-ranjau.html

Misteri "Unidentified Submerged Object", Benda Bawah Air Tak Dikenal

Lebih dari 100 tahun belakangan, para awak kapal yang sedang menjelajahi lautan dibingungkan dengan penampakan-penampakan objek tak dikenal yang muncul dari dalam laut dan terbang dengan kecepatan tinggi. Objek-objek seperti ini kemudian diberi julukan Unidentified Submerged Objek (USO) atau Objek bawah air tak dikenal.

Banyak yang percaya kalau objek misterius ini sesungguhnya sama dengan UFO yang sering terlihat di udara. Karena itu, kadang objek ini juga sering disebut dengan istilah UFO air.


Penampakan USO disebut-sebut telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Pada tahun 329 SM, pasukan Alexander agung disebut menjumpai dua objek berbentuk piringan yang muncul dari sungai Jaxartes di india. Menurut legenda, Alexander begitu terpesona dengan penampakan itu sehingga ia menghabiskan 6 tahun berikutnya untuk menjelajahi sungai itu dengan peralatan penyelam pertama di dunia.

Christopher Colombus juga disebut pernah menjumpai objek bawah air tak dikenal. Pada tanggal 11 Oktober 1492, kapal Santa Maria yang ditumpangi oleh Colombus sedang melewati wilayah segitiga Bermuda. Kemudian, mereka melihat cahaya-cahaya aneh berkelap-kelip di dalam air disusul dengan munculnya sebuah objek berbentuk piringan yang segera terbang dengan cepat ke angkasa.

Tidak ada yang bisa memastikan apa yang dilihat oleh Alexander agung atau Colombus. Ratusan tahun kemudian, kita kembali menemukan banyak laporan penampakan serupa. Contohnya seperti kesaksian-kesaksian di bawah ini:

Pada tanggal 18 Juni 1845, Malta Times melaporkan:
"Saat itu kapal brigantine Victoria berada sekitar 900 mil di sebelah timur Adalia ketika para awak kapal melihat tiga objek bercahaya muncul dari dalam air. Objek-objek itu terlihat selama 10 menit dan terbang setengah mil dari kapal."

Menurut para awak yang menyaksikannya, objek-objek itu terlihat berukuran seperti bulan purnama. Penampakan ini juga dilaporkan oleh saksi lain yang berasal dari Adalia, Siria dan Malta.

Pada tanggal 12 November 1887, di dekat tanjung Race, sebuah bola api besar muncul dari laut, naik 20 meter, lalu mendekati sebuah kapal yang ada di dekatnya, yaitu kapal uap Inggris bernama Siberian. Objek itu bergerak menentang arah angin, kemudian mundur dan terbang menjauh. Peristiwa ini dilaporkan dan didiskusikan oleh majalah Nature, L'Astronomie, dan Meteorological Journal.

Pada malam tanggal 10 Februari 1951 seorang pilot angkatan udara Amerika bersama rekannya sedang menerbangkan pesawatnya dari Islandia menuju Newfoundland. Ketika pesawatnya berada pada jarak sekitar 300 mil dari Newfoundland, mereka melihat sebuah objek bercahaya muncul dari dalam laut.
"Ketika kami semakin dekat dengan objek yang berkilauan ini, ia berubah menjadi lingkaran-lingkaran cahaya putih yang besar di atas air. Lalu, kami melihat sebuah lingkaran cahaya berwarna kuning yang kecil, lebih kecil dibanding objek yang melepaskan lingkaran cahaya itu, pada jarak 15 mil. Ketika objek itu terbang mendekati pesawat kami, kami bisa melihat sebuah pesawat berkubah yang melepaskan korona."

7 tahun kemudian, objek bawah air tak dikenal kembali menjadi subjek pemberitaan.

Pada bulan Mei 1958, sebuah kapal selam misterius terlihat oleh para awak kapal perang Argentina. Kapal selam itu, walaupun kadang terlihat oleh mata, tidak bisa terlacak oleh sonar, hydrophones atau radar. 14 kapal perang Argentina kemudian memburu kapal selam itu sambil sesekali menembakkan torpedo kearahnya. Namun tidak terlihat adanya tanda kerusakan dan kapal selam itu terus melaju hingga menghilang dari pantauan.

Pada Oktober 1959 dan Januari 1960, kapal selam serupa kembali terpantau oleh militer Argentina. Perburuan kembali terjadi, namun kapal selam itu kembali menghilang.

Kapten Ray.M Pitts, salah seorang spesialis peperangan kapal selam yang ikut dalam perburuan ketiga mengkonfirmasi kalau objek itu memang kapal selam. Namun ia juga mengatakan kalau ia dilarang untuk berbicara lebih jauh mengenai peristiwa itu.

Tahun 1963, perburuan USO yang lain kembali terjadi. Kali ini sonar kapal selam Amerika yang sedang berada di Puerto Rico menangkap sebuah objek yang bergerak dengan kecepatan 150 knots dan berada pada jarak 20.000 kaki di bawah kapal selam.

Kapal selam itu membuntuti objek itu selama 4 hari lamanya. Pada hari ke-4, objek itu tiba-tiba bergerak dengan kecepatan yang tinggi sehingga lolos dari pantauan sonar.

Pada Agustus 1965, para awak kapal Raduga dari Rusia, sementara sedang berlayar di laut merah, melihat sebuah objek elips berapi muncul dari dalam air dan melayang di permukaan selama beberapa lama. Jarak objek itu hanya 2 mil dari kapal. Para awak memperkirakan kalau objek itu memiliki diameter 60 meter dan melayang pada ketinggian sekitar 150 meter dari atas permukaan laut.

Pada tanggal 30 Juni 1967, para awak kapal Naviero dari Argentina melihat sebuah objek silinder di dalam air. Objek itu mengeluarkan cahaya berwarna biru putih dan panjangnya diperkirakan sekitar 33 meter. Yang aneh adalah, objek itu tidak mengeluarkan suara sama sekali walaupun ia bergerak di air dengan kecepatan yang cukup tinggi. Bahkan hampir tidak ada ombak yang tercipta karena pergerakan benda itu. Ketika objek itu nyaris menabrak kapal Naviero, ia segera berubah arah dan menyelam kembali ke dalam air.

Pada tahun 1967, para saksi yang terdiri dari belasan orang melihat sebuah objek tak dikenal jatuh ke air di Shag Harbour, Nova Scotia, Kanada. Objek tersebut, yang terlihat seperti sebuah pesawat aneh, diperkirakan memiliki panjang sekitar 18 meter. Para saksi mata juga menyebutkan kalau pesawat itu melayang sebentar, mengeluarkan cahaya berwarna oranye, lalu masuk ke dalam air.

Insiden ini sempat diberitakan oleh media-media seluruh dunia hingga menyebabkan pihak militer dan polisi Kanada melakukan pencarian besar-besaran. Namun, pesawat misterius tersebut tidak ditemukan sama sekali.


Insiden Shag Harbour adalah salah satu insiden UFO yang paling terkenal di dunia.

Salah satu peristiwa perjumpaan USO yang paling aneh, mungkin yang berhubungan dengan kapal Volga.

Pada tanggal 7 Oktober 1977, Volga, sebuah kapal Rusia yang digunakan untuk memperbaiki kapal selam, sedang berada di laut karena panggilan untuk memperbaiki sebuah kapal selam. Tiba-tiba 9 objek bulat terlihat muncul dari air dan segera mengelilinginya. Peristiwa ini berlangsung selama 18 menit. Saat itu juga, seluruh sistem komunikasi di atas Volga mengalami gangguan. Kapten Tarantin yang memimpin segera memerintahkan para awak untuk mengamati objek-objek tersebut:
"Aku ingin kalian mengamati objek tersebut dengan hati-hati dan mengingatnya baik-baik! Aku juga ingin kalian menggambarnya supaya ketika kita kembali ke Sovyet, tidak ada yang bisa bilang kalau kapten kalian ini gila dan mabuk!"

Pada tanggal 26 Juli 1980, para pelaut dari kapal Brazil, Caioba-Seahorse, melihat objek bulat berwarna abu-abu dengan diameter sekitar 10 meter sedang meluncur di air. Pada saat yang sama, cahaya terang muncul di horizon dan mendekati objek tersebut. Lalu, semua peralatan di atas kapal mati secara mendadak. Cahaya itu kemudian bergabung dengan USO yang ada di dalam air. Setelah itu, USO itu naik, melayang selama beberapa saat dan terbang dengan kecepatan tinggi ke angkasa.

Salah satu penampakan USO yang paling spektakuler mungkin adalah yang terjadi pada tanggal 14 Juni 1992. Para saksi mata di California, mengaku melihat ratusan pesawat aneh muncul dari laut tanpa mengeluarkan suara. Penampakan ini kemudian segera dilaporkan ke pihak kepolisian. Namun, karena sifat penampakan yang terlalu luar biasa, pihak kepolisian tidak menindaklanjuti laporan ini. Kisah penampakan California ini pernah diangkat oleh History Channel dalam sebuah film dokumenternya.

Hingga hari ini, tidak ada yang bisa memberikan penjelasan mengenai identitas objek-objek tersebut.


Bagi mereka yang percaya dengan keberadaan makhluk luar angkasa yang cerdas, USO adalah bukti kalau makhluk luar angkasa sesungguhnya memantau bumi secara terus menerus dari markas yang dibuat di dalam laut. Jika memang ada makhluk luar angkasa yang berniat membuat markas di bumi, maka pilihan mereka untuk membuatnya di dalam laut menjadi sebuah pilihan yang tepat karena memang sebagian besar samudera kita sesungguhnya belum terjelajahi.

Ivan T Sanderson, dalam bukunya yang berjudul Invisible Resident (1970) menyatakan kalau USO adalah bukti adanya intelijensi lain di bawah air yang sedang mengembangkan peradabannya.
"Jika memang ada sejenis peradaban teknologis yang unggul berkembang dalam planet di bawah air, maka peradaban ini tampaknya lebih maju dibandingkan dengan peradaban kita, sekitar beberapa juta bahkan mungkin miliaran tahun di depan kita."

Tentu saja, argumen ini tidak bisa dibuktikan. Namun, Sanderson tidak sendirian karena pemahaman ini juga dipercaya oleh banyak pihak.

Bagi mereka yang lebih skeptis, penjelasan mengenai penampakan ini bisa bervariasi, mulai dari salah lihat hingga rekayasa. Memang tidak bisa disangkal kalau ada kemungkinan para awak kapal telah melihat sebuah fenomena alam dan menyangkanya sebagai USO. Kejadian seperti ini banyak terjadi dalam kasus penampakan UFO. Namun pertanyaannya, fenomena alam apa yang memiliki ciri-ciri sesuai dengan deskripsi laporan para saksi?

Inilah yang masih belum dipastikan.

Beberapa orang lain percaya kalau USO yang sering terlihat sebenarnya adalah torpedo yang sedang melaju. Namun, torpedo tidak terbang ke udara. Ini tidak sesuai dengan deskripsi saksi.

Jadi, sebagian lain mengajukan teori kalau sesungguhnya USO adalah pesawat militer yang canggih.

Teori ini juga sering digunakan untuk menjelaskan laporan penampakan UFO. Jika kita kaitkan USO dengan pesawat militer, maka itu artinya cuma satu: pesawat itu haruslah sebuah pesawat yang mampu menyelam ke dalam air dan kemudian terbang dengan cepat.

Menariknya, pesawat jenis ini ternyata pernah ada, paling tidak dalam rupa prototipe.

Pada tahun 1934, Boris Petrovich Ushakov, seorang mahasiswa teknik dari akademi militer Sovyet, mengajukan sebuah rancangan pesawat yang bisa menyelam di dalam air. Pesawat ini ditujukan untuk menyergap kapal musuh yang lewat dengan cara menyelam di kedalaman tertentu, menunggu kapal musuh, dan menembakkan torpedo ketika kapal musuh itu lewat di atasnya. Konsep Ushakov tidak pernah dibuat karena dianggap tidak efektif.

30 tahun kemudian, ide Ushakov direalisasikan oleh Donald Reid, seorang insinyur di North American Aviation. Ia membuat pesawat itu pada tahun 1963 dan diberi nama Reid Flying Submarine (RFS-1). Hebatnya, Reid membuat rancangannya dengan menggunakan suku cadang bekas pesawat dan mengerjakannya hanya di waktu luang.

Dalam uji coba perdana, pesawat itu mampu terbang hingga ketinggian 10 meter, mendarat di air dan menyelam hingga kedalaman beberapa meter. Walaupun terlihat menjanjikan, pihak militer sepertinya tidak tertarik untuk membuat pesawat itu hingga RFS-1 berakhir hanya sebagai sebuah prototipe.

RFS-1
Namun, jangan salah. Militer Amerika tidak tertarik dengan RFS-1 bukan karena tidak menyadari manfaatnya, melainkan karena mereka sendiri sedang membuat pesawat sejenis yang disebut Convair yang kemudian sering disebut subplane. Menurut Eugene Handler, seorang insinyur dari pihak angkatan laut, pesawat ini sangat ideal untuk menyerang kapal Sovyet di laut Baltik dan Kaspia. Tetapi, Convair ternyata bernasib sama dengan RFS-1. Malah, convair tidak sempat dibuat prototipenya karena proyek ini dibatalkan kongres pada tahun 1966.

Hasrat mengenai pesawat sejenis USO tidak pernah pupus dari pikiran militer Amerika. Pada tahun 2008, DARPA, badan riset milik Pentagon, mengumumkan kalau mereka telah memulai proyek pembuatan subplane. Pada tahun 2010 ini, pesawat ini telah masuk kedalam tahap pengajuan proposal karena berbagai rancangan telah diterima oleh mereka.

Dalam beberapa tahun, sepertinya kita akan melihat banyak USO mondar-mandir di lautan lepas.

Mungkinkah USO yang terlihat oleh para pelaut itu adalah pesawat canggih milik militer?

Jika kita mempercayainya, maka pertanyaannya selanjutnya adalah apakah pada masa perang dunia I dan II, pihak militer (negara manapun) telah berhasil membuat pesawat secanggih itu?

Jika pertanyaan ini dapat terjawab, maka saya rasa jawaban ini dapat menjelaskan banyak pertanyaan mengenai penampakan UFO di seluruh dunia.

4 Ancaman Baru di Era Twitter dan Facebook

Siapa tak kenal Facebook dan Twitter? Pengguna Internet era ini pasti nyaris tak bisa lepas dari dua ajang gaul dunia maya itu. Facebook dan Twitter merupakan implementasi dari web 2.0.

http://www.blinkyit.com/wp-content/uploads/2010/04/facebook-vs-twitter.jpg

Apa itu web 2.0? Ini merupakan generasi terkini yang paling mendunia dari web, di mana semua pengguna web dapat mempublikasikan dan menerima informasi secara bebas, untuk saling berkolaborasi dan sosialisasi. Jika di era web 1.0 kita hanya dapat mengakses informasi saja, dengan segala keterbatasannya, maka di web 2.0 kita dapat membagikan informasi yang kita punya, baik itu bersumber dari kita sendiri atau dari sumber lain. Kita juga dimungkinkan langsung berinteraksi dengan sesama pengguna web.

Dengan semua kelebihan itu, tak heran jika web 2.0 membuat banyak orang tertarik menggunakan Internet. Mereka yang awalnya tidak kenal dunia maya, menjadi penasaran dan ingin mencoba, sebab kehebohan daya tarik web 2.0 ini.

Memang menyenangkan, bahkan mencandui sebagian orang. Sehari saja tidak mengakses Facebook atau Twitter, rasanya ada yang kurang. Sayangnya masih banyak orang belum sadar bahwa semua kemudahan berbagi dan mengakses informasi itu disertai dengan ancaman lain, yaitu malware yang juga memanfaatkan celah-celah yang ada.

Seperti kita tahu, beragam aplikasi web 2.0 tidak hanya digunakan di rumah, namun juga di lingkungan korporat. Berarti ada banyak data penting perusahaan yang dapat menjadi target para pencipta malware. Pengguna sendiri tidak sadar bahwa dirinya menjadi target serangan, karena terlalu asik menikmati banyak kemudahan, bahkan juga asik bersosialisasi memperluas jejaring pertemanan maupun bisnis.

Yang lebih parah adalah jika pengguna tidak tahu kalau dirinya justru membantu serangan tersebut dan juga menjadi korbannya. Dari laboratorium virus kami, terlihat bahwa jejaring sosial kian popular menjadi sasaran pembuat malware. Setiap tahun, jumlah sampel malware yang berhubungan dengan jejaring sosial berlipatganda dibanding tahun sebelumnya.

Konsep anyar yang ditawarkan web 2.0 adalah mengubah gaya navigasi klasik menjadi jauh lebih interaktif. Bahkan pengguna bisa terus berhubungan melalui web 2.0 dengan perangkat bergeraknya seperti ponsel. Ya, ini seperti pemahaman di mana manusia terus menerus terhubung satu sama lain dengan web 2.0 sebagai medianya, dan beragam perangkat canggih yang mendukung. Di mana saja, kapan saja.

Malware sebelum web 2.0
Kini kita coba telaah apa yang membuat malware ikut menjadikan web 2.0 sebagai sasaran utamanya. Bagaimana malware menyebar sebelum era web 2.0?

Perjalanan virus komputer dan malware kira-kira sama dengan perjalanan informasi itu sendiri. Di masa lalu, informasi secara fisik dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain menggunakan media penyimpanan yang bervariasi. Pada awal tahun 1980-an, informasi menyebar melalui jejaring data pribadi yang mahal. Baru kemudian perlahan jaringan tersebut mulai digunakan oleh kalangan pebisnis untuk email dan transmisi informasi. Pada akhir dekade 1990 mulai banyak kasus serangan virus pada komputer di ranah pribadi dan bisnis, yang biasanya menyerang melalui email.

Tanpa terasa World Wide Web begitu cepat berkembang menjadi sebuah platform yang sangat bernilai bagi pertukaran informasi, perdagangan global, dan produktivitas dunia kerja. Perlahan tapi pasti, kita sadar bahwa tak semua informasi bisa kita bagi ke semua orang. Di sinilah kita ketahui bahwa informasi menjadi sangat berharga, hanya layak dibagikan ke pihak tertentu dan menjadi berbahaya ketika bocor atau rusak.

Selama itu juga muncul yang disebut dengan Era worm internet, dimana terjadi serangan Code Red, Blaster, Slammer dan Sasser ke sejumlah jaringan korporat. Tidak ketinggalan virus Melissa yang juga menyerang email, serta datang melalui pesan instan atau aplikasi peer-to-peer. Semua menargetkan Microsoft, sebab memang sistem operasi itu paling banyak dipakai. Mereka menghadapi semua serangan itu dengan penambahan firewall, dam menjalankan sejumlah mekanisme mitigasi anti-worm. Pengguna juga diajak untuk rajin memperbarui aplikasi pengaman Windows.

Mengapa web 2.0 Menjadi Sasaran Empuk Malware dan Penjahat Cyber? Dalam tahun-tahun terakhir, situs jejaring sosial menjadi salah satu sumber informasi paling popular di Internet. RelevantView dan eVOC Insights memprediksi bahwa pada tahun 2009 situs jejaring sosial digunakan oleh 80 persen pengguna Internet seantero dunia, yang artinya lebih dari satu miliar orang.

Pertumbuhan popularitas ini sudah pasti diketahui oleh para penjahat krinimal dunia maya. Maka tak heran sejumlah situs menjadi sasaran utama malware dan spam, di samping sejumlah tindak kejahatan lain.

Situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace atau Twitter, telah memukau jutaan pengguna Internet, sekaligus juga pelaku kriminal cyber.

Separah apakah serangan terhadap jejaring sosial ini? Pada Januari 2008, sebuah aplikasi Flash bernama Secret Crush yang berisi link ke program AdWare terdapat pada Facebook. Lebih dari 1,5 juta pengguna mengunduhnya sebelum disadari oleh administrator situs.

Kaspersky Lab pada Juli 2008 mengidentifikasi sejumlah insiden yang melibatkan Facebook, MySpace dan VKontakte. Net-Worm.Win32.Koobface. menyebar ke seluruh jaringan MySpace dengan cara yang sama dengan Trojan-Mailfinder.Win32.Myspamce.a, yang terdeteksi di bulan Mei.

Twitter tak kalah jadi target, ketika pada Agustus 2009 diserang oleh penjahat cyber yang mengiklankan video erotis. Ketika pengguna mengkliknya, maka otomatis mengunduh Trojan-Downloader.Win32.Banload.sco. LinkedIn juga tak luput dari serangan malware pada Januari 2009, dimana penguna ditipu agar mengklik profil sejumlah selebriti, padahal mereka sudah mengklik link ke media playerYouTube menjadi incaran malware. palsu. Sebulan kemudian

Bulan Juli 2009 kembali Twitter menjadi media infeksi modifikasi New Koobface, worm yang mempu membajak akun Twitter dan menular melalui postingannya, dan menjangkiti semua follower. Semua kasus itu hanya sebagian dari begitu banyak kasus penyebaran malware di seantero jejaring sosial.

Ancaman di era web 2.0
Akhir tahun 2008 Kaspersky Lab mengumpulkan lebih dari 43.000 file berbahaya yang berhubungan dengan situs jejaring sosial. Salah satu worm yang paling terkenal menyerang situs jejaring sosial adalah Koobface yang terdeteksi sebagai Net-Worm.Win32.Koobface. Worm ini popular saat sekitar setahun lalu menyerang akun Facebook dan MySpace.

Struktur umum serangan ke web 2.0 biasanya terdiri dari tiga langkah. Pertama, pengguna menerima link dari teman berupa informasi enarik, misalnya video klip. Kedua, pengguna diminta untuk menginstal program tertentu agar bisa menonton video itu. Ketiga, setelah diinstal, program ini diam-diam mencuri akun pengguna dan meneruskan trik serupa ke pengguna lain

Metode itu hampir sama dengan cara worm menyebar melalui email. Worm yang terdistribusi melalui situs jejaring sosial hampir 10 persen sukses menginfeksi. Koobface juga memberi link ke program antivirus palsu seperti XP Antivirus dan Antivirus2009. Program spyware tersebut juga mengandung kode worm.

Ancaman ke situs jejaring sosial jauh lebih mengerikan dari ke email. Mengapa? Selain terinfeksi worm, akun yang bersangkutan juga menjadi korban botnet, bahkan si pemiliknya juga terkena imbasnya. Botnet mampu mencuri nama dan pasword pengguna, lalu menyebarkan pesan palsu yang mampu merugikan pihak lain, seperti permintaan transfer uang. Jadi yang menjadi korban bukan hanya akunnya, melainkan pemilik akun itu sendiri, serta pihak lain yang dikirimi pesan palsu.

Sisi lemah manusia
Satu hal paling penting dari serangan terhadap web 2.0 adalah faktor komponen kelemahan manusia ,terutama ketika berhadapan dengan pengguna yang tidak paham bahwa komputernya sudah terinfeksi.

Situs jejaring sosial masa kini menawarkan kostumisasi tambahan dan fungsi berfitur kaya untuk berbagi konten personal, file foto, atau multimedia dengan sebanyak mungkin orang di dunia maya. Situs ini memungkinkan pengguna berbagi pikiran dan minat dengan sesama teman atau komunitas. Secara umum, pengguna situs jejaring sosial saling percaya satu sama lain. Ini artinya jika mereka menerima pesan dari temannya, maka akan langsung mengkliknya begitu saja tanpa kecurigaan pesan itu sudah disisipi oleh malware.

Hari ini masih banyak orang yakin bahwa menggunakan browser Web sama dengan melakukan window shopping atau pergi ke perpustakaan di dunia nyata. Takkan ada yang terjadi tanpa sepengetahuan mereka. Padahal di Web, sekali saja kita mengklik link yang salah, atau tanpa disengaja, maka sama artinya sudah mempersilakan pencuri atau pengintai masuk ke rumah kita. Ya, pencuri atau penyadap di dunia maya tidak kasat mata seperti halnya di dunia maya.

Ambil contoh, aplikasi penyingkat URL yang sering diperlukan di mikroblog seperti Twitter. Karena katakter pesan hanya dibatasi hingga 140 karakter, maka pengguna harus menggunakan aplikasi penyingkat URL saat menyisipkan link ke situs lain. Aplikasi penyingkat URL seperti TinyURL, Is.gd atau Bit.ly tidak akan memperlihatkan nama URL yang sesungguhnya. Cukup keterangan saja dan link yang sudah mereka ringkas.

Bayangkan jika akun si pengguna sudah disusupi Botnet tanpa ia sadari. Botnet akan menggunakan akun Twitter-nya, memposting "Klik foto saya yang imut ini" lalu diikuti URL yang sudah diringkas, maka teman-temannya akan langsung mengklik. Malware yang terkandung dalam link itu akan membawa si korban ke situs lain yang memang sudah dipersiapkan untuk"menjebaknya".

Situs jejaring sosial seperti Facebook biasanya berkolaborasi dengan situs-situs lain agar bisa saling terkoneksi. Mereka ini disebut sebagai partisi ketiga, alias pihak ketiga setelah facebook itu sendiri, dan penggunanya. Banyak kasus dimana partisi ketiga justru dijadikan vektor alias "kendaraan" dari penyerang.

Ada dua pertanyaan yang bisa kita ajukan untuk mendalami masalah ini. Berapa banyak pengguna Facebook menambahkan aplikasi partisi ketiga di profilnya? Berapa banyak yang mereka ketahui mengenai apa yang sesungguhnya dilakukan oleh aplikasi partisi ketiga itu?

Di atas kertas, para pakar mengatakan bahwa Facebook maupun jejaring sosial lain harus memikirkan ulang cara mereka mendesain dan mengembangkan application programming interface (API). Disebutkan bahwa provider jejaring sosial semestinya berhati-hati dalam mendesain platform dan API. Mereka harus hati-hari dengan teknologi sampingan yang dipakai para klien, misalnya JavaScript. Operator situs jejaring sosial sebaiknya memiliki developer yang cukup ketat dalam penggunaan API, yaitu yang mampu memberi akses ke sumber yang hanya benar-benar berhubungan dengan sistem.

Setiap aplikasi yang berjalan di situs jejaring sosial juga semestinya ada di lingkungan terisolasi untuk mencegah interaksi aplikasi dengan host Internet lainnya yang tidak berpartisipasi dalam situs tersebut.

Isu Privasi
Malware bukan hanya satu-satunya masalah ketika kita bicara mengenai situs jejaring sosial. Bagaimana data-data pribadi para pengguna bisa aman adalah pertanyaan lainnya. Lalu, seberapa susahnya sesungguhnya kita melindungi diri sendiri dan data-data kita di situs jejaring sosial?

Ketika orang jahat mendesain serangannya dengan apik, maka para pengguna perlu meningkatkan standar kewaspadaan keamanannya. Advis seperti "Jangan membuka file yang diterima dari sumber yang tidak diketahui" sudah tak lagi berguna, sebab aktivitas serangan sudah mampu menyamar dalam identitas teman yang kita kenal baik. Ini artinya kita bahkan tidak bisa mempercayai pesan atau file yang dikirimkan teman kita sendiri.

Salah satu lapisan perlindungan yang bisa ditambahkan ke browser adalah yang dapat mencegah eksploit. Pengguna sebaiknya melindungi dirinya dari worm XSS dengan hanya mengizinkan eksekusi kode JavaScript dari sumber terpercaya. Pengguna juga semestinya seminim mungkin berbagi alamat pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah, dan informasi personal lain.

Memang agak sulit membatasi mana yang boleh dibagi dan yang tidak di situs jejaring sosial. Pada dasarnya setiap orang butuh privasi di belantara dunia maya. Jangan sampai juga kita menjadi korbam trik phishing klasik, terutama ketika muncul laman situs baru saat mengklik aplikasi partisi ketiga yang meminta kita melakukan log-in mengisikan nama, dan sejumlah data pribadi lain. Jika kita ragu atas keaslian laman itu, ada bagusnya kita kembali ke laman asli Facebook dengan mengetik ulang www.facebook.com.

Memang dibutuhkan perlindungan banyak lapis. Solusi keamanan Internet seperti anti-malware adalah pilihan terbaik, namun itu pun diperlukan update yang intens. Pengguna harus terus meningkatkan kewaspadaan dan tingkat keamanannya, sebab penyerang juga akan terus memperbanyak strategi.

Semua kasus yang kita bahas di atas hanya sebuah awal saja. Serangan terhadap situs jejaring sosial kini sudah ada dalam beragam tingkatan, mulai dari malware sampai phishing. Pelaku kriminal dunia cyber akan menggunakan vektor ke web 2.0 lebih dan lebih banyak lagi demi menyebarkan aplikasi berbahayanya. Namun evolusi serangan ke web 2.0 akan seiring juga dengan evolusi yang dilakukan web 2.0 itu sendiri.

Berikut adalah evolusi yang tengah terjadi pada web 2.0. Pertama, Mobilitas. Baik konten maupun tampilan untuk mengaksesnya akan lebih mobile, sehingga keterhantungan pada hardware untuk mengakses serta lokasi fisiknya akan berkurang. Makin bervariasi platform yang dipakai akan mempersulit pembuat malware untuk menerobosnya. Mereka akan kesulitan mengenai sistem operasi dan hardware apa yang akan dipakai si pengguna,.

Kedua, lokalisasi dan kontekstualisasi. Konten dan interface mobile membuat layanannya menjadi lebih baik bagi si pengguna. Semua disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Penjahat cyber mau tak mau juga akan memberlakukan perubahan paradigma ini untuk meningkatkan serangannya.

Ketiga, interoperabilitas. Jejaring sosial memungkinkan kita terkoneksi satu sama lain, maka harus ada sistem keamanan yang dibangun oleh jejaring dan penggunanya sendiri. Problem keamanan ini bisa mudah ditingkatkan jika jejaring sosial itu mulai menyatukan layanannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost