Sabtu, 08 Mei 2010

Susu Bantu Penderita Insomnia Tidur

Insomnia atau penyakit sulit tidur terkadang sangat mengganggu. Apalagi bagi para profesional yang seringkali menghabiskan waktu lebih banyak untuk bekerja, waktu tidur akan menjadi sesuatu yang sangat berharga.

Namun, ada kalanya meski dipaksakan untuk tidur, rasa kantuk tak jua muncul terutama pada penderita insomnia. Saat kita membutuhkan kondisi tubuh yang fresh di pagi hari, penyakit insomnia pasti menjadi momok yang menjengkelkan.
Beberapa makanan memiliki reputasi dapat menyembuhkan insomnia. Salah satunya adalah susu. Minum segelas susu hangat sebelum tidur di malam hari terbukti dapat menimbulkan kantuk dan membuat tidur anda lebih nyenyak.
Susu adalah salah satu sumber terbaik tryptophan, sejenis asam amino yang juga terdapat di pisang, daging unggas dan kacang. Asam amino tersebut akan diubah tubuh menjadi dua jenis hormon yang membantu tidur yakni melatonin dan serotonin.

Untuk membantu serta memperbesar peluang tidur nyenyak, disarankan untuk mengonsumsi cemilan ringan dan sehat dengan komposisi terbesar karbohidrat dan sedikit protein. Kombinasi karbohidrat tinggi dan sedikit protein ini diyakini akan meningkatkan kemampuan tryptophan pada otak Anda, yang tentu saja membantu menghasilkan lebih banyak melatonin dan serotonin.
Segelas susu hangat dapat menimbulkan efek rileks dan nyaman pada tubuh, memperlambat metabolisme tubuh dan menimbulkan perasaan kantuk. Substansi utama dalam susu yang dapat membantu relaksasi adalah mineral susu dan protein susu.
Mekanisme menuju pada kenyamanan dalam tidur merupakan hasil interaksi molekul-molekul dalam susu dan merupakan reaksi yang terjadi dalam tubuh akibat asupan susu tersebut. Substansi utamadalam susu yang dapat membantu relaksasi adalah mineral susu dan protein susu.
Mineral susu yang berpengaruh langsung terhadap relaksasi tubuh adalah kalsium, magnesium, dan fosfor. Ketiga mineral tersebut merupakan mineral utama yang terdapat di dalam susu. Kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor dapat mencapai 30 persen dari total mineral susu.
Kalsium dapat mengatur tekanan darah (blood pressure modulator). Tekanan darah yang stabil dapat membantu mencegah terjadinya stress dan menimbulkan rasa rileks sehingga memudahkan tubuh beristirahat.
Pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), kalsium yang masuk ke dalam darah akan menurunkan viskositas darah. Keadaan ini tentu saja sangat baik bagi penderita hipertensi. Pada tekanan darah normal, kalsium dapat membantu mempertahankan tekanan darah. Tekanan darah yang stabil dapat membantu mencegah stres dan menimbulkan perasaan rileks sehingga memudahkan tubuh beristirahat.
Peran lain kalsium bersama fosfor adalah dalam memelihara kerja otot-otot tubuh. Rasio Ca-P dalam darah sangat berpengaruh terhadap densitas tulang. Belakangan diketahui pula bahwa rasio Ca-P yang seimbang, yaitu 1:1, dapat memelihara fungsi otot polos dan otot lurik, terutama dalam regulasi kontraksi dan relaksasi. Magnesium dapat mencegah otot kaku, kejang atau kram, dan rasa ngilu yang biasanya terjadi setelah seharian beraktivitas atau saat menstruasi pada wanita.
Untuk mempercepat proses tidur, Hindarilah terlalu banyak memakan protein sebelum waktu tidur. Makanan yang kaya protein juga mengandung tyrosine, asal amino yang merangsang aktivitas otak. Makanan lain yang harus dihindari menjelang tidur adalah, Makanan berat dan gurih, terutama jika Anda rentan terhadap heatburn atau nyeri ulu hati dan kepanasan seperti ditusuk-tusuk. Makan terlalu banyak juga bisa membuat Anda tidak nyaman secara fisik ketika tidur.
Selain itu, disarankan jangan banyak minum. Memasukkan banyak cairan ke dalam tubuh sebelum tidur akan membuat Anda bangun dan terjaga berulang kali karena harus ke kamar kecil. Konsumsi alkohol dan kopi yang berkafein juga sangat tidak dianjurkan. Meskipun awalnya akan membuat Anda ngantuk, alkohol dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak dan membuat Anda terjaga. Layaknya stimulan, kafein meningkatkan aktivitas sistem syaraf Anda yang menyebabkan Anda justru sulit tidur.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost