Kamis, 25 Maret 2010

Ikan Lele Raksasa


Sebagian rekan-rekan mungkin sudah mengetahui (sebagian mungkin belum) bahwa jenis ikan dapat menggambarkan perubahan (pergeseran benua). Ikan Arwana misalnya, terdapat di Amazon, Madagaskar  (pulau di selatan Afrika), Sumatera, Kalimantan, dan Irian Jaya menggambarkan bahwa beberapa pulau ini dahulunya merupakan satu kesatuan.
Nah beberapa ikan Bass juga terdapat di Malaysia tapi kok ga sampe Indonesia ya? Juga Arwana ga terdapat di Malaysia. Nah apa berarti semenanjung Malaysia ga pernah dalam satu kontinen dengan kepulauan Indonesia.
Ini nih Ikan air tawar lain yang terkenal segede gaban adalah ikan Mahseer di India.  Bentuk ikan unik ini sama persis Seperti Ikan Lele, namun bentuknya mencapai  lebih dari 10 kali lipat bahkan bias lebih dari ikan lele yang ada di Indonesia. Kebayang tuh kalo aja ikan segede ini ada di kolam ikan di halaman rumah kita,

 
                                                                                   (Ikan Mahseer di India)
 
                     (Ikan Lele Sekem alias Catfish) Semua masuk kategori ikan air tawar, Bukan ikan laut. 

Yang ini Lebih Unik!! Bukan hanya sekedar gede Tapi katanya ikan lele raksasa ini juga Suka memakan manusia…  kita liat aja yu berita nya … 

Rasa penasaran penduduk akhirnya terjawab ketika seorang ahli biologist dari Inggris bernama Jeremy Wade melakukan penelitian di Sungai Dakali dan menemukan jawaban yang mengejutkan. Wade menemukan kenyataan bahwa monster pemakan manusia itu ternyata adalah sejenis ikan lele raksasa (Giant Cat Fish) yang telah mengalami perubahan DNA karena sering memakan mayat yang dihanyutkan ke sungai setelah terlebih dahulu dibakar dalam acara ritual pemakaman tradisional masyarakat setempat yang dikenal dengan nama Ritual Bagmati.“ Ikan jenis ini merupakan jenis ikan endemis sungai ini. uniknya, karena telah puluhan tahun menyantap daging mayat yang dihanyutkan melalui sungai, ikan ini berubah secara genetik menjadi jauh lebih besar dari ukuran sebenarnya. Mereka menjadi ketagihan, dan mulai menjadikan daging manusia menjadi menu utama. Jadi jika lama tidak ada ritual pemakaman, ikan ini menjadi ganas dan menyerang manusia,” Wade menjelaskan.
Dalam penelitiannya, Jeremy Wade juga berhasil menangkap seekor ikan lele pemangsa daging manusia dengan ukuran 1,8 meter dan berat berkisar 73 kilogram. Menurut Wade jika ikan dengan ukuran sebesar itu ketika menyerang manusia di dalam air, maka sedikit sekali kemungkinan korbannya untuk menyelamatkan diri. Wade lalu menamakan ikan lele raksasa itu dengan nama Goonch Fish.Perjalanan penelitian Jeremy Wade saat menyelidiki ikan lele pemakan manusia di Sungai Kali Dakali telah di dokumentasikan dan akan ditayangkan perdana pada tanggal 21 Oktober nanti di salah satu stasiun televisi Inggris  dengan judul “ Monster Air Pemakan Daging Manusia”.




                


Reaksi:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost