Kamis, 28 Oktober 2010

China Operasikan Kereta Tercepat di Dunia


Pemerintah China hari ini mulai mengoperasikan dua unit kereta super cepat keluaran terbaru. Kereta peluru ini diklaim sebagai yang tercepat di dunia.

Menurut kantor berita Associated Press, pemerintah China mengatakan kereta itu dibuat dengan teknologi dalam negeri. Kereta itu pertama kali melayani rute Shanghai-Hangzhou.

Kereta tipe CRH380 ini mampu melaju hampir 420 km per jam. Namun pengelola layanan hanya mentolerir kecepatan maksimal 350 km per jam.

Kendati demikian, kereta ini tetap saja memecahkan rekor dunia karena mengungguli kecepatan yang telah dibuat sesama kereta China, yaitu CRH2, yang berkecepatan 250 km per jam.

Juru bicara Kementerian Kereta Api, Wang Yongping, mengatakan teknologi, desain dan perangkat pada CRH380 adalah milik China. Namun, dia mengakui bahwa program kereta super cepat ini dirintis berkat kerjasama dengan Jepang dan negara-negara lainnya.

“Sekarang negara-negara lain ingin bekerjasama. Mereka semua menginginkan teknologi kami,” ujar Wang.

Salah satu pembangunan rel kereta kecepatan tinggi terbesar adalah jalur Beijing-Shanghai, yang memakan biaya hingga US$32,5 miliar. Jalur yang akan menghemat waktu perjalanan hingga lima jam ini rencananya akan dibuka mulai 2012.

Program pembangunan transportasi kereta ini adalah salah satu pencapaian China dalam mengejar target 13.000 kilometer rel kereta kecepatan tinggi pada 2012. Usaha untuk mengembangkan teknologi kereta kecepatan tinggi adalah program China bersamaan dengan upaya peningkatan teknologi antariksa yang bertujuan untuk meningkatkan kebanggaan nasional.

Bahkan, China berencana akan membuat teknologi kereta dengan kecepatan 500 km per jam.

sumber: vivanews.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost